Operasi Cabut Pentil Diberlakukan, Oded Minta Warga Bandung Taat Aturan



Bandung, Beritainspiratif.com - Permasalahan macet di Kota Bandung terus ditanggapi serius oleh pemerintahan kota bahkan aturan terbaru melalui Peraturan Walikota (Perwal) terkait cabut pentil sudah diberlakukan.

Demikian diungkapkan Walikota Bandung Oded M Danial di Mapolrestabes Kota Bandung, Jumat (16/11/2018).

Pihaknya menegaskan sebelum memberlakukan cabut pentil telah di lakukan kajian terlebih dahulu dengan sejumlah pihak terkait.

"Hari ini kita mengadakan gelar untuk operasi cabut pentil ini merupakan upaya Pemkot Bandung mengatasi kemacetan. Menurut kajian salah satu di antara sekian banyak variabel penyebab macet di Bandung itu adalah parkir liar," ungkapnya kepada Beritainspiratif.com, Jumat.

Sebelumnya, seperti diketahui Pemkot Bandung sudah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi kemacetan di Kota Bandung seperti sanksi penggembosan ban, derek dan sebagainya.

Oded mengingatkan yang perlu jadi perhatian bukan soal operasi cabut pentil tapi sejauh mana masyarakat menyadari pentingnya menciptakan suasana kondusif di kota Bandung.

"Yang terpenting adalah kita ingin semua jalan di Bandung itu lancar dari pelanggaran yang inti bukan cabut pentilnya tetapi masyarakat harus sadar kita semua perlu menaati aturan," jelasnya

Sementara itu di lokasi yang sama Kapolrestabes Kota Bandung, Kombes Pol Irman Sugema mengatakan terkait tindak lanjut jika ada pelanggaran sanksi yang diberikan mungkin bervariasi.

"Kalau misalnya dalam satu titik itu ada rambu di larang parkir tentu kita lakukan tilang. Kalau nanti dikaitkan dengan tindak pidana ringan tentu kita melihat Perda yang ada di kota Bandung ini sebagai acuan untuk operasi cabut pentil," jelasnya

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan instansi lainnya guna memastikan hukuman apa yang pantas diberikan kepada pelaku parkir sembarangan.

"Saya sudah koordinasi dengan Kejaksaan dan Pengadilan terkait sanksi hukuman apa yang tepat diberikan kepada para pelanggar," tandasnya. (Tito)

Berita Terkait