Oded Resmikan Kolam Retensi Sinaraga, Warga Ucapkan Trimakasih



Bandung,Beritainsfiratif.com - Walikota Bandung Oded M. Danial meresmikan kolam retensi Sirnaraga, di RW 06 Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Selasa (8/01/2019).

Masyarakat pun berterima kasih dengan adanya kolam retensi ini. Menurut Ketua RW 06 Kelurahan Pajajaran, Zaenal Muttaqin, pembangunan kolam retensi memberikan dampak positif.

"Semenjak kolam retensi ini beroperasi, tidak ada lagi banjir di kawasan kami," ujarnya.

Tak hanya itu, keberadaan kolam retensi juga telah berpengaruh positif terhadap perekonomian warga.

“Ada warga yang bekerja saat pembangunan. Sekarang setelah jadi, ada penghasilan dari dagang dan sewa mainan. Usaha masyarakat makin berkembang,” tutur Zaenal.

Kolam retensi ini kini juga menjadi area wisata bagi masyarakat sekitar. Peluang-peluang usaha baru tumbuh seiring semakin banyak pengunjung yang datang untuk berwisata.

“Lokasi ini jadi sarana silaturahmi. Banyak warga datang sekadar duduk ngobrol, meningkatkan silaturahmi. Banyak hal positif yang hadir berkat pembangunan ini. Untuk itu, warga berterima kasih telah membangun kolam retensi di sini," ucap Zaenal.

Sementara itu, Walikota Bandung, Oded M Danial menyatakan, kolam retensi ini merupakan salah satu solusi dari sekian banyak permasalahan lingkungan di Kota Bandung. Kendati demikian, Oded tetap memerintahkan jajarannya untuk menormalisasi 46 anak sungai di Kota Bandung.

Di sisi lain, Oded terus meminta masyarakat untuk terus menjaga lingkungan. Pasalnya, secanggih apapun infrastruktur tanpa partisipasi masyarakat dalam memelihara kebersihan hal itu tidak akan berarti.

“Dari 46 sungai ini mari kita rawat bersama, jaga bersama. Jangan sampai ada warga yang membuang sampah ke sungai. Jangan sampai membuang sampah plastik. Saya tidak mau mendengar lagi ada kasur butut masuk ke sungai. Mari kita bangun peradaban yang baik di Kota Bandung,” ucap Oded.

Oded juga bersyukur pembangunan kolam retensi yang menghabiskan dana Rp5 miliar itu bisa selesai tepat waktu. Sejak awal dibangun pada Juli 2018 dan rampung pada akhir November 2018, kolam tersebut juga memiliki banyak manfaat yang dirasakan masyarakat.

“Alhamdulillah di Sirnaraga punya kolam retensi yang punya banyak fungsi. Ketika kolam ini diisi air, airnya penuh bisa “paparahuan” (Bermain perahu-red). Ketika kering, bisa juga digunakan untuk aktivitas masyarakat,” pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait