Oded: Mengatasi Banjir Gedebage Diperlukan Sinergi 3 Kepala Daerah



Bandung, Beritainspiratif.com - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, dalam mengatasi permasalahan banjir diwilayah Gedebage dan sekitarnya tidak bisa hanya dilakukan Pemkot Bandung saja. Menurutnya, persoalan banjir menjadi kerja semua pemerintah daerah.

"Untuk persoalan banjir perlu duduk bersama dan bersinergi untuk mencari solusi, baik itu  persoalan banjir Gedebage atau pun Cimahi karena itu perbatasan,"ucap Oded di Gedung DPRD Kota Bandung Jalan Sukabumi Kamis (30/1/2020).

Menurutnya, salah satu upaya yang harus segera dilakukan itu pengerukan sedimentasi. Sebab, kedalaman sungai di Gedebage terus berkurang, potensi banjir pun bakal kembali terjadi.

"Yang ditawarkan oleh kita adalah pengangkatan sedimentasi (khusus gedebage). Tetapi ketika kita melakukan pengangkatan sedimentasi, ketika di Sapan airnya masih tinggi tetap akan balik lagi ke kita Itu kan masalahnya,"jelasnya.

Lebih lanjut Oded mengatakan, dalam permasalahan banjir kita harus duduk bersama semua kepala daerah, baik itu Bupati Bandung wali kota Cimahi hingga petinggi provinsi Jawa Barat.

"Insya Allah dalam waktu dekat, setelah saya dari Jepang kita akan rapat dengan mereka. Terutama dari provinsi dan balai besar wilayah Citarum  (BBWS) harus ada. Makanya perlu ada kesinambungan dengan kepala daerah lain. Termasuk di hulu tetap kita akan melakukan penanaman pohon, saya juga sudah intruksikan ke Dinas PU untuk memperbanyak drum pori dan bio pori," pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait