Oded : AFF 2019, Menyuburkan Kepedulian Terhadap Palestina



Bandung,Beritainspiratif.com - Para delegasi dari 19 negara beserta sejumlah kepala daerah tampak antusias ketika menyusuri Jalan Alun-alun Timur saat memulai aksi solidaritas untuk Palestina.

Acara ini dirancang khusus dengan simbol dan melibatkan partisipasi para perwakilan negara Asia Afrika yang hadir di Asia Africa Festival (AAF) 2019.

Koridor Palestine Walk yang dibuat pada 2018 lalu pun disiapkan secara istimewa menggunakan karpet merah. Sejumlah delegasi juga tak ingin ketinggalan mengabadikan momentum tersebut menggunakan telepon seluler pribadinya.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyatakan, gelaran AAF 2019 ini menjadi momentum untuk menggalang dukungan kepada Palestina. Pernyataan sikap bersama ini menjadi penguat bahwa bangsa di Asia dan Afrika telah memberikan dorongan moral bagi perjuangan Palestina.

"Saya berharap kegiatan Asia Africa Festival 2019 ini menyuburkan semangat kepedulian, terutama untuk mendorong terwujudnya negara Palestina merdeka," ucap Oded di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (29/6/2019).

Oded memaparkan dalam rangkaian puncak peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-64 ini tidak hanya dilewatkan sebagai seremonial saja. Namun, tetap menjunjung tinggi nilai-nilai KAA ketika pertama kali dilakukan di Kota Bandung pada 1955 silam.

Oded sapaan akrabnya kembali menegaskan, esensi dari peringatan KAA merupakan pengingat bahwa perjuangan bangsa harus terus digelorakan dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik. Bukan semata berkenaan dengan penjajahan, namun guna menghadapi tantangan perkembangan zaman yang tetap harus diimbangi dengan nilai kemanusiaan.

"Ini juga demi terciptanya tatanan kehidupan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, toleransi, dan keadilan yang berlaku universal," katanya. (Mugni)

Berita Terkait