NTB Raih Juara 1 Pada Rekor MURI Peserta Masak Rendang dari Provinsi Terbanyak

Jakarta, Beritainspiratif.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat menghadirkan acara dengan nuansa Sumatera Barat yang diadakan di ibukota Jakarta, dengan menggelar “Nusantara Merandang” dan berlangsung di Parkir Timur Senayan, Gelora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/12/2018).

Merandang merupakan kepanjangan dari memasak randang atau rending, lomba memasak rendang ini menghadirkan peserta dari 33 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa rendang adalah kuliner asli milik Nusantara yang berasal dari Sumatra Barat.

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berharap rendang dapat diakui sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia, khususnya Sumatra Barat oleh UNESCO.

Dilansir dari laman MURI, Lomba Memasak Rendang Peserta dari Provinsi Terbanyak ini dicatat dalam Rekor baru MURI Nomor 8772, dengan Rekoris Pemerintah Provinsi Sumatra Barat.
Wakil Gunernur Sumbar Nasrul Abit mengaku takjub atas apresiasi yang diberikan MURI. Penghargaan tersebut menjadi cambuk dan motivasi bagi masyarakat Minang untuk terus membumikan kuliner rendang.

Perwakilan dari Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil keluar sebagai pemenang lomba memasak rendang di Festival Nusantara Marandang 2018. Kemudian peringkat kedua diduduki Jawa Barat, dan peringkat tiga jatuh ke Maluku.

Juara favorit I ditempati Banten, favorit kedua Kalimantan Tengah dan selanjutnya Riau. “Awal yang baik. Semoga ke depan lebih baik lagi dan semakin mencintai masakan rendang,” ucap Nasrul Abit.

Ketua Umum Rekor MURI Indonesia Jaya Suprana mengatakan, pihaknya akan selalu memberikan apresiasi terhadap karya setiap warga negara. Termasuk perhatian dan kepedulian pemerintah Sumbar terhadap pelestarian panganan rendang.

(Yanis)

Bagikan: