Nono Sampono : Kebudayaan Pintu Terdepan Kemajuan Bangsa



Cirebon, Beritainspiratif.com - Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono mengatakan perlunya menjaga budaya bangsa Indonesia karena merupakan jati diri bangsa. Hal ini dikatakannya usai menghadiri acara focus group discussion dengan tema " Membangun Budaya Nasional Berbasis Bahari" di Keraton Kasepuhan, Cirebon, Sabtu (21/7).

Selain itu, budaya bangsa Indonesia menjadi pintu terdepan untuk kemajuan bangsa. Karena itu, semua pihak perlu menjaga dan melestarikan budaya bangsa.

" Budaya kita harus kita jaga betul, kita rawat, karena merupakan kekuatan kita, jati diri bangsa kita juga merupakan pintu terdepan untuk kemajuan bangsa," ujar Nono.

Nono mengatakan jika kita tidak mampu menjaga budaya kita, maka dapat merusak bangsa karena derasnya budaya luar yang masuk.

Ditambahkannya, keinginan bangsa Indonesia menjadi negara yang maju merupakan satu hal yang harus didukung semua pihak tetapi semua komponen bangsa tidak boleh lepas dari budaya bangsa yang merupakan warisan leluhur.

" Kita ingin modern, kita ingin maju tetapi jangan kita merubah kebudayaan kita yang berdasarkan kearifan lokal dan merupakan warisan leluhur bangsa," kata Nono.

Lebih lanjut ia mengatakan visi misi pemerintahan Jokowi -JK yang ingin membangun Indonesia sebagai poros maritim dunia. " Sebagai negara yang besar kita harus mengambil peran penting dan menjadi poros kepentingan internasional, bukan kita yang dipengaruhi," tandasnya.

YoC

Berita Terkait