Nilai UN 2019 Anak Penjual Mainan di Solo Ini Sempurna 100 di Semua Pelajaran



Solo, Beritainspiratif.com - Ananda Hafidh Rifai Siswa SMAN 4 Surakarta sukses meraih hasil Ujian Nasional (UN) dengan nilai sempurna dengan nilai 100 untuk empat mata pelajaran ujian.

Hafidh sendiri pun tak menyangka dengan hasil tersebut. Dia memprediksi hanya memperoleh nilai 80-an.

"Ada soal-soal yang ragu jawabnya, terutama yang Bahasa Indonesia. Terkejut, ternyata dapat nilai 100. Saya sendiri tidak pernah target segitu," kata Hafidh, Selasa (14/5/2019) saat ditemui detik.com.

Mengenai proses belajarnya, Siswa asal Wirogunan RT 02 RW 03, Kartasura, Sukoharjo ini mengaku tidak memiliki cara khusus. Dia hanya memperbanyak latihan mengerjakan soal-soal UN.

"Waktu belajarnya biasa saja, waktu longgar digunakan untuk belajar," ujar dia.

Ayahnya, Ahmad Kusnanto sudah meninggal dunia saat Hafidh duduk di kelas tiga SMP. Ibunya, Supadmi, bekerja sebagai penjual mainan di depan SD di kawasan Kartasura.

"Selama ini ibu yang membiayai sekolah saya dan adik-adik saya. Pakde juga membantu," kata anak pertama dari empat bersaudara itu.

Kini dia sudah lolos ke Jurusan Teknik Elektro Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta melalui jalur undangan bagi siswa berprestasi atau SNMPTN. Dia juga mengikuti program bidikmisi sehingga tidak perlu khawatir mengenai biaya pendidikan selama kuliah.

"Semoga dengan ini bisa membantu ibu saya, mengangkat derajat keluarga. Pesan ibu, saya kan anak pertama laki-laki, jadi harus bisa menjadi harapan keluarga," pungkasnya.

[Yanis]

Berita Terkait