Nikmatnya Sate Batibul Bang Awi Tegal

Tegal, Beritrainspiratif.com – Perjalanan menuju Semarang dari Bandung Cirebon melewati jalan Tol belum banyak rest area Rumah makan dari lintasan Cirebon menuju Semarang, sehingga kamipun teringat sate tegal yang nikmat dan empuk “Sate Batibul” dengan keluar melalui tol exit Tegal, Kamis, (27/12/2018).

Sate Kambing Batibul Bang Awi, adalah Sate kambing yang paling empuk/tidak alot dan tidak ada lemak hingga menyerupai seperti makan sate ayam (sedikit).

Sate Kambing Batibul adalah sate kambing yang usianya dibawah 3 bulan atau kambing muda, dan disajikan dengan brambang merah (bawang merah), kecap, dan sambal yang banyak, kemudian bumbu-bumbu tersebut disajikan terpisah dalam satu piring.

Lalu kita mencampurnya sendiri sehingga sesuai selera kita baik rasa kecap maupun pedasnya. Sate kambing disajikan dalam piring terpisah, bisa kita makan saja satenya atau buat teman makan nasi atau lontong, kitapun dapat meminta bumbu kacang sesuai selera kita.

Rasanya begitu mantap karena rasa dagingnya yang gurih berpadu dengan kecap manis asli Tegal dan sambal terasinya yang manis pedas.

Untuk menambah kenikmatan dan menghasilkan aroma sate yang khas maka sang pemilik tidak menggunakan arang dari jenis kayu sembarangan namun menggunakan arang kayu asam yang khusus dari Tegal.

Yang membedakannya lagi pemilik warung memakai susu kambing dan minyak kambing yang membuat citarasa Sate Kambing Batibul Bang Awi khas Tegal ini makin gurih, dan lezat.

Tidak ada rasa amis ataupun prengus kambingnya, karena telah ternetralisir oleh penggunaan aneka rempah dalam bumbu sate. “Penggunaan susu kambing dan minyak kambing ini juga menjadi salah satu keunikan dari Sate Tegal.

Sate Kambing Batibul Bang Awi, menyediakan pula Sop Kambing Batibul, dengan jam buka 11.00 s/d 22.00 dan harga Rp11.000 hingga Rp25.000.

Jika anda ingin berkunjung ke Sate Kambing Batibul Bang Awi alamatnya ada di Jl. Raya Ujung Rusi, Adiwerna, Tegal, dengan Telp : 0283-3448049.

(Yanis)

Bagikan: