Ngeriii! Ini Dampak Minum Miras Oplosan

Bandung, Beritainspiratif.com-Ternyata menenggak miras oplosan dapat menyebabkan kerusakan fungsi syaraf secara irreversibel atau tidak bisa dikembalikan seperti semula.

Dikutif dari Antara, Hal itu dikatakan Psikiater Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad), Teddy Hidayat, Rabu (11/4). “Artinya, misal dia sudah minum oplosan, buta, maka akan buta permanen selama hidup. Kalau dia kenanya di otak, yah tidak akan berfungsi salah satu syaraf di otak.

Kalau keracunannya lebih hebat, yah meninggal,” terangnya.

Teddy mengatakan, biasanya alkohol yang terkandung dalam minuman keras berjenis etanol. Etanol ini biasa digunakan dalam campuran minuman beralkohol murni. Namun ia menduga miras oplosan di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengandung alkohol jenis metanol.

Metanol itulah, kata dia, yang dapat menyebabkan kerusakan fungsi syaraf apabila dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh manusia.

“Nah yang kemarin (kejadian miras oplosan di Cicalengka) dicampur itu dengan segala macam, dan mungkin menggunakan alkohol yang murah biasanya memunculkan metanol. Dan metanol itu, apabila masuk dikonsumsi ke dalam tubuh maka akan menimbulkan keracunan,” tegasnya. (Dudy)

Bagikan: