Nelayan di Jabar, Bisa Cari Ikan dengan Bantuan Aplikasi Smart Fishing



Bandung, Beritainspiratif.com - Dalam rangka meningkatkan perekonomian nelayan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan melaunching aplikasi yang dapat membantu penangkapan ikan, aplikasi tersebut bernama Smart Fishing.

Menurut keterangan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Jafar Ismail mengatakan, aplikasi ini memiliki sejumlah kemampuan yang sangat membantu optimalisasi kerja nelayan

"Aplikasi ini dapat memberikan informasi lokasi nelayan atau GPS, kemudian juga bisa mengetahui di mana posisi ikan berada, kemudian seberapa jauh jarak antara nelayan dengan ikan-ikan tersebut, kemudian bisa mengetahui berapa tinggi gelombang, kemudian bagaimana informasi cuaca dan sejumlah kemampuan lainnya," kata Jafar kepada Beritainspiratif.com.

Jafar memastikan, dengan menggunakan aplikasi tersebut para nelayan bisa lebih efektif dan efisien dalam bekerja serta dapat menghemat bahan bakar.

Kendati demikian, pihaknya mengakui perlu upaya-upaya lebih lanjut dalam menciptakan nelayan yang melek teknologi, pihaknya menjelaskan sejumlah bimbingan teknis siap dilakukan agar para nelayan bisa menggunakan aplikasi tersebut secara maksimal.

"Mungkin memang kita harus menciptakan nelayan yang melek teknologi juga, salah satu caranya dengan bimbingan-bimbingan namun begitu aplikasi ini juga tidak terlalu rumit, kan mayoritas nelayan sekarang juga sudah pakai smartphone, jadi semoga tidak ada hambatan berarti," ungkapnya

Selain memberikan aplikasi Smart Fishing pihaknya juga terus melakukan optimalisasi pembangunan sejumlah dermaga perahu nelayan, itu dilakukan agar proses transaksi ikan di laut bisa dilakukan lebih lancar.

"Pertama yang sedang di bangun itu di Ranca Buaya, insya Allah tahun depan ada di pantai utara kemudian juga ada di Indramayu dan mudah mudahan kalau ada anggarannya, di bangun pula di Kabupaten Pangandaran di pantai Batu Karas, tahun ini sudah ada yang berjalan di Ranca Buaya," Tandasnya.     (Tito)

Berita Terkait