Nasi Bakar Cak Toni Hadir, Ditengah Menjamurnya Makanan Khas Cirebon

Cirebon, Beritainspiratif.com – Tiap kota memiliki kuliner dan jajanan khasnya sendiri. Jika kita mengunjungi Kota Cirebon yang terkenal dengan julukan kota udang ini, akan terbesit dipikiran kita dengan seafoodnya yang segar karena kota ini dekat dengan laut dan pantai.

Selain karena seafoodnya Cirebon juga terkenal dengan kuliner yang membuat kita ketagihan ingin balik lagi ke Cirebon. Sebut saja dengan makanan khasnya seperti nasi jamblang, nasi lengko, empat gentong ataupun docang, itulah makanan yang dikenal yang ada di daerah Cirebon.

Lain halnya dengan Nasi Bakar Cak Toni, yang berdiri setahun yang lalu atau tepatnya 10 September 2017 yang berlokasi di Jalan Cangkring II No.6 Cirebon. Tampil berbeda arus di tengah kuliner yang menjamur dengan suguhan makan khas Cirebon, Toni yakin ada celah pelanggan sendiri nasi bakar ini, dan akan dicari oleh masyarakat Cirebon yang ingin makan diluar makanan khas Cirebon.

“Hadir dengan menu andalan nasi bakar dengan lawuhan ayam goreng, juga tersedia sate kambing, sate ayam, gulai kanbing, tongseng, rawon, sop iga dan banyak lainnya, yang konon katanya condong ke masakan ala jawa timuran,” ujar Kang Toni.

Ditambahkan oleh Toni, ide awalnya sebenarnya ingin menyuguhkan makanan Jawa Barat yang belum banyak di Cirebon, sebab tidak mungkin booming jika makanan Jawa Timur disuguhkan di warga Jawa Barat, maka diputuskanlah untuk berjualan nasi bakar.

Toni pun memiliki pengalaman berjualan nasi bakar selama 1 tahun 2 bulan, di tepian jalan Kartini, akan tetapi karena pengunjungnya makin banyak yang cukup mengganggu lalu lintas, makanya diputuskan untuk mencari kontrakkan, sehingga jadilah seperti ini sekarang.

Ditanya mengenai resep masakan enak ini, Toni pun bercerita bahwa semua ini adalah berkat istrinya asal Kota Kuningan yang bernama Siska yang pintar membuat masakan.

Toni berkisah istrinya kalau sudah mencoba masakan di luar langsung tahu apa bumbunya dan apa yang membuat makanan tersebut jadi enak.

“Sehingga atas saran temannya dibukalah kuliner ini,” sambungnya.

Toni sendiri sebenarnya basicnya adalah teknik sipil yang telah dia geluti selama puluhan tahun, mulai dari jembatan, tol, flyover, pendustrian dan membangun trotoar di Bandung, serta terakhir tol Kanci – Pejagan Cirebon.

Ditengah keterpurukan bidang sipil tersebut karena kejenuhan dan saingan semakin berat, Toni bangkit bersama istri melalui nasi bakar ini.

“Bicara kuliner bukan saja masalah masakan yang enak, akan tetapi juga tempat juga sangat berpengaruh, untuk itulah dinding tempat ini sengaja kami hiasi dengan gambar – gambar, di samping untuk mempercantik ruangan, juga bisa dijadikan penampilan yang bagus untuk anda yang gemar berfoto, imbuhnya.

Di warung Cak Toni ini, selain kita bisa menikmati nasi bakar, ayam goreng dengan berbagai menu lainnya, anda pun bisa menikmati suguhan musik legend dari pemain keyboard Bang Yos dengan penyanyinya bernama Lisa, yang dimulai pada pukul 11.00 sampai 17.00 WIB yang berlokasi di belakang.

“Untuk sementara kita belum buka suguhan music dimalam hari, dan kita akan menyajikan hiburan menemani makan siang anda dan memanjakan konsumen yang datang,” tuturnya.

Lebih lanjut Toni menyampaikan, untuk pelanggan yang datang akan tetapi tidak ingin menikmati musik, mereka bisa makan dengan santai di ruang tengah.

Di tempat kami juga biasa melayani perayaan acara seperti untuk ulang tahun, anniversary dan lainnya, pungkasnya.     (Yanis)

Bagikan: