Musrenbang Jabar, Ketua DPRD Jabar Soroti Kondisi Lingkungan yang Semakin Rusak



Bandung, Beritainspiratif.com - Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menyatakan prihatin dengan kondisi lingkungan hidup di Jawa Barat.

Keprihatinann itu ia sampaikan dalam sambutannya pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Barat 2019 di Bandung Selasa (2/4/2019).

Menurut Ineu, kondisi lingkungan hidup yang semakin rusak, berdampak terhadap kebencanaan di Jawa Barat.

Ia mencontohkan kawasan Cekungan Bandung yang semakin sering dilanda banjir bandang dan genangan banjir.

Hal itu sering terjadi di kawasan utara dan timur Bandung. Seperti yang melanda Cijambe di Ujungberung pada Senin (1/4/2019) dan Jatiendah di Cilengkrang pada (9/2/2019).

Sebelumnya, banjir serupa terjadi di kawasan utara dan timur Bandung tersebut beberapa kali.

"Degradasi lingkungan hidup harus menjadi perhatian kita semua untuk bisa diatasi. Tidak hanya pembuatan taman-taman yang dilakukan secara parsial, tapi penataan lingkungan pun wajib dilakukan," kata Ineu.

Politisi perempuan PDI Perjuangan ini menuturkan, kerusakan lingkungan di Kawasan Bandung Utara (KBU), menjadikan kawasan Bandung jadi rawan bencana.

Karenanya, penataan lingkungan harus menjadi poin penting di saat pemanasan global yang semakin berdampak negatif.

"Penataan lingkungan terutama untuk daerah rawan bencana harus menjadi perhatian, agar daerah bebas bencana," ujarnya.

Ineu juga menyoroti kinerja pemerintah dalam menegakkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengendalian Kawasan Bandung Utara (KBU) sebagai Kawasan Strategis Provinsi Jawa Barat.

Peraturan ini, katanya, harus ditegakkan dalam rangka penataan dan pengendalian pembangunan di utara Bandung yang berdampak pada bencana.

(Ida)

Berita Terkait