Musim Kemarau Sehari 2 Lahan di Cirebon Terbakar

Cirebon,Beritainspiratif.com – Musim kemarau rawan sekali terhadap terjadinya kebakaran, termasuk kebakaran lahan. Adanya percikan api sekecil apapun bisa menimbulkan terjadinya kebakaran, ini dikarenakan daun dan ranting yang ada di lahan sudah mulai mengering.

Di Kabupaten Cirebon, pada Jumat (12/7/2109) ada dua lahan yang terbakar diduga dari percikan api baik dari sisa pembakaran sampah ataupun yang lainnya.

Kebakaran lahan pertama terjadi di jalur pantura antara Cirebon-Losari atau berdekatan dengan jambatan Kanci, sekitar pukul 10.35 Wib.

Kebakarana lahan seluas 200 M, tersebut diduga akibat adanya oknum warga yang membakar sampah sembarangan. Akibat kebakaran ini, jarak pandang pengguna jalan menjadi pendek.

Kebakaran ke dua terjadi pada pukul 13.30 Wib, di desa Cikesal, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon.

3 ha lahan yang terbakat berdekatan dengan pemukiman warga, warga yang panik pun bahu membahu bersama petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.

Kepala Seksi Tanggap Darurat, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon, Eno Sujana membenarkan adanya dua kebakaran lahan tersebut. Dari dua kejadian kebakaran tersebut dapat dipadamkan berkat kerjasama yang baik petugas pemadam, Polisi, TNI dan masyakat.

“Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, dan penyebab utamanya adalah membakar sampah sembarangan,” ujar Eno.

Eno menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat membakar sampah, jangan pernah meninggalkan pembakaran sampah sebelum api padam. (Dekur)

Bagikan: