Museum Tsunami Aceh Raih Penghargaan Museum Terpopuler

Bandung, Beritainspiratif.com – Museum Tsunami Aceh yang diresmikan 2008 lalu pasca-terjadinya tsunami Aceh, dibangun sebagai sarana edukasi, pengingat, serta tempat perlindungan jika tsunami datang lagi, terpilih sebagai Museum Populer di ajang Indonesia Museum Award 2018.

Bangunan karya mantan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (sekarang menjabat Gubernur Jabar) ini, menjadi wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Bumi Serambi Mekah.

Di dalam Museum terdapat gambaran dan suasana mencekam saat detik-detik gemuruh gelombang air laut menghantam Ibu Kota Provinsi Aceh dan di setiap lantainya terpajang foto-foto keadaan Banda Aceh pasca-tsunami, serta artefak serta puing-puing tsunami.

Rasyidah Dallah, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, mengatakan bahwa, pada ajang Indonesia Museum Award 2018 terdapat enam kategori yang diperlombakan, yakni museum cerdas, museum lestari, museum bersahabat, museum unik, museum populer, dan museum kreatif.

Museum Tsunami Aceh terpilih sebagai museum terpopuler dari 400 museum di Indonesia yang masuk dalam kategori.

“Alhamdulilah dari 400 museum itu yang dinilai ke dalam enam kategori Museum Tsunami meraih Museum Populer di Indonesia,” ujar Rasyidah di Banda Aceh, Sabtu (20/10) yang dilansir kantor berita Antara.

Penghargaan diserahkan oleh arkeolog Prof. Dr. Edi Sedyawati dan diterima langsung oleh Rasyidah Dallah, mewakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, di Jakarta.

“Dengan prestasi ini menandakan bahwa Museum Tsunami mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia bahkan Internasional. Oleh karena itu, Museum Tsunami kini terus berbenah ke arah yang lebih baik untuk menjadi pelopor terdepan dalam edukasi dan mitigasi bencana Tsunami untuk dunia,” pungkasnya.     (Yanis)

Bagikan: