Mukjizat Besar Para Nabi dan Rasul  (Bagian 1)



Beritainspiratif.com - Mukjizat ialah suatu kejadian luar biasa yang dialami oleh para Nabi dan Rasul atas kehendak Allah SWT, sebagai suatu pembuktian atas kebenaran dan keabsahan risalah yang mereka sampaikan.

Sebagaimana dikutip akidahislam.com, Mukjizat ini hanya diberikan Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul-Rasul Nya. Jika manusia diberikan suatu kejadian yang luar biasa oleh Allah SWT, maka kejadian tersebut dinamakan sebagai karomah (bukan mukjizat). Karena mukjizat hanya diberikan kepada nabi-dan rasul Allah.

Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Mu’min ayat 78:

Artinya: “Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rasul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizin Allah, maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil, Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.” (QS. Al- Mu’min ayat 78).

Berikut adalah beberapa mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada para nabi dan Rasul :

Nabi Adam A.S

Mukjizat nabi adam A.S adalah sebagai manusia serta khalifah pertama yang diciptakan Allah SWT dari segumpal tanah.

Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 30:

Artinya: “Dan ingatlah ketika Tuhanmu berkata kepada para Malaikat: “Aku akan ‎menciptakan seorang khalifah di bumi”. Para Malaikat berkata: “Apakah ‎Engkau akan menciptakan orang yang akan membuat kerusakan di dalamnya ‎dan mengalirkan darah, sementara kami selalu bertasbih dengan memuji-Mu ‎serta mengagungkan-Mu. Allah berkata: “Aku mengetahui apa yang tidak ‎kalian ketahui.” (QS. Al- Baqarah: 30).

Nabi Nuh A.S

Mukjizatnya yaitu: dengan izin Allah SWT Nabi Nuh bisa membuat perahu yang sangat besar yang menumpang orang-orang beriman untuk diselamatkan jiwanya dari azab Allah SWT (banjir bandang yang melanda umat Nabi Nuh yang kafir).

Nabi Hud A.S

Karena banyak dari kaum nabi Hud  yang memiliki hati yang telah mati dan sekeras batu, mereka tetap memegang pada kesesatan dan penyimpangan, yaitu dengan menyembah berhala-berhala.

Pada akhirnya Allah SWT menurunkan Azab bagi mereka yaitu berupa badai panas yang berkepanjangan yang membuat sumur-sumur serta sumber air mengering serta banyak tanaman-tanaman yang mati karenanya. Lalu Allah SWT mendatangkan awan hitam yang dikira sebagai anugrah berupa hujan bagi kaum tersebut.

Nabi Ibrahim A.S

Mukjizat nabi Ibrahim A.S adalah tidak terbakar didalam api. Disaat kaum-kaumnya yang kafir membakarnya.

Nabi Luth A.S

Kaum nabi luth adalah kaum yang membuat perilaku seks yang menyimpang (laki-laki melakukan seks sesama lelaki dan wanita sesama wanita). Nah ketika Nabi Luth A.S menyerukan agar kaumnya meninggalkan perbuatan tersebut, justru Beliau mendapatkan perlakuan buruk dari kaumnya, sehingga Allah pun menurukan azab bagi kaum tersebut berupa gempa bumi yang dahsyat disertai dengan hujan batu sijjil dan angin kencang yang pada akhirnya menghancurkan dan membinasakan penduduk di kota tersebut kecuali Nabi Luth dan pengikutnya yang beriman. (YANIS)

Berita Terkait