Mudahkan Layanan Gawat Darurat, Pemkot Bandung Launching Aplikasi BEAS



Bandung,Beritainspiratif.com - Jambore Public Safety Center (PSC) 119 Kota Bandung Launching Bandung Application Support (BEAS) didampingi oleh Walikota dan Wakil Walikota Bandung di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Selasa (26/11/2019).

Aplikasi BEAS hadir untuk memudahkan masyarakat Kota Bandung dalam mendapatkan pelayanan gawat darurat. Dinas Kesehatan (Dinkes) Rita Verita menyebutkan, melalui aplikasi BEAS masyakarat bisa melaporkan dan memanggil ambulan.

"Agar masyarakat lebih mudah saja, dia bisa nelpon 199 kan suka penuh, jadi bisa juga melalui aplikasi BEAS sehingga masyarakat dapat lebih mudah, cepat, lebih akurat dalam mengetahui ambulan tuh sudah sampai mana sih yang akan mengunjungi kami seperti itu," jelasnya.

Aplikasi ini diharapkan bisa menghapus kendala-kendala yang sering terjadi dilapangan. Menurut Rita, selama oprasi di lapangan ada beberapa kendala yang di temui oleh tim misalnya mencari alamat.

"Dari sini bisa terlihat, alamat lengkap selama ini kadang-kadang tim sulit mencari, dengan adanya ini (aplikasi) dapat mempermudah tujuan atau tempat pasien, dan pasien pun bisa tahu dengan aplikasi ini ambulan itu sudah sampai mana. Berapa menit lagi kira-kira sampai tempat tujuan,"katanya.

Sementara itu Walikota Bandung Oded M Danial mengatakan, sistem pelayanan gawat darurat terpadu ini juga terus disempurnakan, di lengkapi oleh dinas kesehatan dengan berbagai inovasi-inovasi.

"Karna salah satu tugas pokok fungsi pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan prima.

Oded berharap masyarakat Kota Bandung bisa berkolaborasi dengan memanfaatkan aplikasi BEAS.

"Dengan tiga pilar pembangunan yaitu inovasi, saya berharap inovasi tidak ada jeda harus maju terus, juga harus dikolaborasikan dengan masyarakat, semuanya di ajak kolaborasi sehingga bisa efektif ngapain kita punya inovasi tapi tidak aplikatif. Ujungnya saya berharap disentarlisasi memudahkan pelayananan pada masyarakat akan terwujud,"kata Oded.

Bagi warga Kota Bandung yang ingin mendownload bisa melalui Play Store dengan memasukan kata kunci Dinas Kesehatan. Setelah terdownload, nanti akan muncul simbol 119 kemudian pengguna harus melakukan registrasi terlebih dulu. (Mugni)

Berita Terkait