MSP Minta Petani Bisa Lebih Mandiri



Cirebon,Beritainspiratif.com - Ketua Pelaksana Halal Bihalal Komunitas Mari Sejahterakan Petani (MSP) Kabupaten Cirebon, Sophia Zulfa minta para petani untuk bisa mandiri dan tidak bergantung dengan bantuan pemerintah.

"Meski begitu, kami memastikan pemerintah daerah akan terus mendukung langkah-langkah MSP untuk mensejahterakan para petani," ujar Sofi sapaan akrab Sophia Zulfa, Sabtu (15/6/2010).

Sofi juga mengatakan, Rancangan Peraturan Daerah atau Raperda untuk mensejahterakan petani saat ini tengah disusun oleh pemerintah daerah yakni, Perda tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

"Pada prinsipnya, kita juga sedang berusaha agar petani di Kabupaten Cirebon bisa sejahtera," tandasnya

Ditempat yang sama Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Ono Surono ST menyebutkan bahwa selama ini para pedagang lebih sering diuntungkan ketimbang petani dalam bisnis pangan di Indonesia.

"Saya menilai petani-petani di Indonesia khususnya Cirebon tidak memiliki posisi tawar tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari pedagang," ucapnya.

Untuk itulah, tambah dia, kedepannya perlu ada dorongan melalui kelembagaan petani agar bisa mengelola bisnis pertanian dari hulu dan hilir, mulai dari produksi, distribusi sampai bisa melakukan penyediaan beras di pasar modern yang dikemas dengan baik. (Dekur)

Berita Terkait