Motor Masuk Tol, Ini Tanggapan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar

Bandung,Beritainspiratif.com – Ketua DPR R.I Bambang Soesatyo, baru – baru ini mengusulkan wacana penyediaan jalur khusus bagi motor atau kendaraan roda dua didalam jalur tol.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat H. Daddy Rochanadi, turut memberikan tanggapan atas wacana tersebut.

Daddy mengatakan bukan tidak mungkin motor masuk tol, tetapi harus ada space khusus sebagai pemisah dari jalur mobil. Sebelum ada perangkat yang memadai untuk motor, jangan dulu. Bahaya.

Menurut Daddy, bila tanpa space khusus sangat berbahaya bagi motor bila ada bis lewat dengan kecepatan tinggi. Ini berbahaya, karena motor akan mengalami goyangan. Karena itu, kebijakan motor masuk tol harus difikirkan secara matang.

“Ini kan kaitannya dengan safety. Jangan kita membuka celah terjadinya kecelakaan. Kecelakaan di tol itu resikonya sangat fatal,” ujar Daddy kepada Beritainspiratif.com di Bandung, Selasa (12/2/2019).

Lebih lanjut dikatakan Daddy, jalur khusus motor bisa juga dibangun pada jalan tol yang sudah ada. Apalagi pada jalan tol baru yang akan dibangun.

Seperti halnya pada jalan tol yang akan dibangun oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) di Bandung.

“Kalau tol baru dan direncanakan motor bisa lewat, sudah seharusnya memikirkan jalur yang spesial tadi,” pungkasnya.

Pembangunan jalan tol baru di Bandung dengan fasilitas jalur khusus motor, rencananya segera dimulai Maret tahun ini dengan rute Pasir Koja – Pasopati sepanjang 14 km.

(Ida)

Bagikan: