Minum Kopi Kawa di Cangkir Tempurung Kelapa Jumlah Terbanyak, Catatkan Rekor MURI



Tanah Datar, Beritainspiratif.com - Agenda rutin tahunan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar di ajang Festival Pesona Budaya Minangkabau diisi dengan berbagai kegiatan budaya dan tradisi Minangkabau, khususnya daerah Tanah Datar.

Tradisi yang diselenggarakan bersamaan dengan Festival Keraton Nusantara (FKN), dihadiri pula oleh para raja dan perwakilan kerajaan di Indonesia, Malaysia dan Brunei.

Suguhan dalam acara ini berupa Kopi kawa daun yang merupakan seduhan daun kopi yang telah dikeringkan melalui proses pengasapan dan akan terasa nikmat dicampur dengan tambahan gula aren atau gula putih ketika diminum.

Dilansir dari laman Rekor MURI, agenda acara makan bajambah dan minum kopi kawa daun sebanyak 4.000 cangkir dari tempurung kelapa serta dinikmati oleh seluruh tamu dan pengunjung di Istano Basa Pagaruyung tersebut.

Dicatat dalam Rekor MURI nomor 8761 atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, dan dilaksanakan Istano Basa Pagaruyung, 28 November 2018.

Jika sebelumnya rekor tersebut diraih arakan jamba terbanyak, namun kali ini rekor MURI berasal minum kopi kawa daun terbanyak. Minum kopi kawa dengan menggunakan cangkir tempurung juga dinyatakan sebagai pemegang rekor dunia terbanyak versi MURI.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi usai menerima piagam MURI mengatakan, kawa daun adalah minuman spesifik dari Kabupaten Tanah Datar. Minuman ini juga telah menjadi minuman tradisi anak nagari, baik pada saat panen padi, kenduri maupun dalam kegiatan lainnya.

(Yanis)

Berita Terkait