Miliki Kadar Belerang, Berendam di Banyu Panas Cirebon Sehatkan Badan

CIREBON, Beritainspiratif.com – Jika Anda singgah ke Cirebon, tak ada salahnya mampir ke destinasi wisata Banyu Panas Palimanan. Lokasi pemandian yang memiliki kandungan zat belerang yang cukup tinggi ini letaknya tak jauh dari Gerbang Tol Palimanan Cipali.

Sebagai penunjuk arah, keluar Gerbang Tol Palimanan tepat di ujung jalan terdapat pertigaan. Ke kiri arah Kota Cirebon, ke kanan jalan menuju Bandung. Ambil arah arah kanan sekira 1 kilometer akan menemui pabrik semen Tiga Roda atau lebih dikenal Indocement Palimanan.

Lokasi Banyu Panas ini memang berlokasi di kawasan pabrik Indocement. Untuk memasuki lokasi yeng berada di kaki Bukit Gempol ini, pengunjung akan melewati gerbang masuk kawasan dengan mengeluarkan Rp 10 ribu per orang untuk membayar tiket masuk.

Melewati gerbang, terdapat lahan perkir yang cukup luas. Parkir mobil dan motor berada di tempat terpisah sehingga terkesan rapih. Turun dari kendaraan, sudah tercium bau belerang. Selain itu, kepulan asap putih menghiasi sungai yang melintas di lokasi tersebut.

Di kawasan seluas 4 hektare itu, pengunjung akan disuguhkan pemandangan kontras. Bila memandang ke arah barat, Bukit Gempol tampak terlihat di depan mata. Warna hijau khas pengunungan sungguh menyejukkan mata.

Sementara, di lokasi kawasan Banyu Panas, kepulan asap putih disertai bau belerang membuat pengunjung harus menutup hidung walaupun hal tidak berlangsung lama, karena rasa penasaran ingin menikmati merendam di air belerang tak dapat dibendung.

Ada dua lokasi yang dapat dinikmati pengunjung untuk merendam. Lokasi pertama di aliran air sungai. Merendam di sini pengunjung taka dikenakan biaya alias gratis. Lokasi kedua, pengelola sudah menyediakan kolam renang tertutup untuk dewasa dan anak-anak. Dari pantauan di lokasi Minggu, (23/2/2020), memasuki kolam renang ini, pengunjung akan dikutip Rp 10 ribu per orang.

Tinggal pilih mana suka. Ingin berendam di alam bebas, anda pilih di aliran sungai atau ruang tertutup pilihlan kolam renang. Semuanya diserahkan kepada pengunjung.
Tempat Wisata Banyu Panas Palimanan ini dipercaya bisa mengobati berbagai jenis penyakit, khususnya yang berhubungan dengan kulit dan tulang. Hal ini karena air di kolam ini memiliki kandungan zat belerang yang cukup tinggi.

Sebagian penyakit yang dipercaya bisa sembuh di tempat ini yaitu penyakit kulit, rematik, jerawat, perawatan pasca keseleo, dan bahkan ketombe. Sebagian pengunjung yang pernah datang dengan tujuan kesehatan, memberikan kesaksian jika tempat ini memang berpengaruh baik pada kondisi peyakit mereka.

Tempat Wisata yang dibangun di atas tanah seluas 4 hektare ini mempunyai berbagai sarana sebagai pelengkap. Selain kolam berendam yang memiliki ukuran 10 x 15 meter, tempat ini dapat mempunyai tempat basuh serta kamar mandi yang komplit. Juga terdapat jogging track serta gazebo dengan design taman yang indah.

Selaitu itu juga menawarkan fasilitas lainnya seperti musala, ruang ganti, toilet, warung makan, gazebo yang menjadi lokasi bersantai dan tempat bermain anak.

Lokasi ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Dari kolam air panas alami ini, pengunjung dapat menyaksikan area perbukitan alami yang masih hijau. Ditambah lagi, desain penataan kolam juga membuat tempat ini kian mempesona.

Penasaran, datang dan berendamlah sehingga pengunjung akan segar kembali dan siap melanjutkan perjalanan.

Yanis

Bagikan: