Meski Terkendala Cuaca, Dosen ITB Berhasil Temukan Fosil Gading Stegodon



Bandung, Beritainspiratif.com - Tim Laboratorium Paleontologi Institut Teknologi Bandung (ITB) menemukan fosil sepasang gading Stegodon berumur sekitar 1,5 juta tahun lalu, di Majalengka, Jawa Barat pada 10 Desember 2018 lalu.

Menurut salah satu anggota tim sekaligus Ketua Lab Paleontologi ITB, Jahdi Zaim, fosil gading Stegodon ini didapatkan dengan proses yang cukup panjang dan pengangkatan fosil juga tidak mudah. Cuaca buruk dan banjir bandang sempat menjadi halangan, sebab lokasi ditemukan berada di dekat aliran sungai.

"Selain itu juga ada buaya dan tumbuh-tumbuhan purba. Awalnya fosil itu terlihat hanya kecil dan terus terang sempat kami kecewa karena sudah jauh-jauh datang akan tetapi temuannya terlihat rusak dan kecil. Namun setelah tekun melakukan ekskavasi ternyata gading tersebut luar biasa," ungkapnya kepada Beritainspiratif.com, Jumat (15/12/2018)

Jahdi menjelaskan, bentuk fosil gading memiliki panjang dari ujung ke ujung gading 3.30 meter, sedangkan panjang lengkung 3.60 meter.

"Temuan ini sangat spektakuler untuk ITB, untuk Geologi, dan lab kami dan ini merupakan temuan gading di tahun 2018 terbesar di Indonesia," ujarnya.

Dijelaskan Jahdi, penemuan gading ini pada dasarnya sudah lama dilakukan sejak lebih dari 5 tahun lalu. Dan sudah banyak menemukan fosil vertebrata lain. " Jadi bukan hanya Stegodon," imbuhnya.

"Penemuan ini termasuk yang terbesar sepanjang 2018 di Indonesia oleh tim ITB," pungkasnya.

(Tito)

Berita Terkait