Menyambut Tahun Baru 2020, Oded Ajak Warga Kota Bandung Bermuhasabah Diri



Bandung, Beritainspiratif.com - Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengimbau masyarakat agar merayakan pergantian tahun dengan cara-cara yang positif. Oded menyarankan agar warga bermuhasabah atau berintrospeksi pada saat malam tahun baru.

“Kita mengimbau kepada masyarakat Kota Bandung agar menghadapi tahun baru ini, ini momentum untuk bermuahasabah diri. Semakin bertambah tahun berarti semakin berkurang jatah umur kita, dan berkurang juga jatah umur alam ini,” ungkap Oded usai melaksanakan ibadah shalat sunat gerhana di Masjid Al-Ukhuwah, Kamis (26/12/2019).

Menurutnya, bermuhasabah berarti mengevaluasi terhadap kehidupan selama ini. Evaluasi tentang kebermanfaatan hidup.

“Mudah-mudahan dengan tahun baru ini kita juga bisa mengevaluasi diri kita apakah tahun ini lebih baik dari tahun kemarin atau tidak, atau tahun depan akan seperti apa,” katanya.

Hal tersebut juga disampaikan melalui Surat Edaran Nomor 334/2046/BKPP tentang Imbauan Menyambut Tahun Baru 2020 yang ditujukan kepada pimpinan instansi vertikal, pimpinan perangkat daerah, pimpinan lembaga, instansi, organisasi, dan perusahaan swasta, serta camat dan lurah. Surat Edaran tersebut sudah ditandatangani Oded pada 23 Desember 2019 lalu. 

Pada surat tersebut, warga diimbau untuk tidak merayakan pergantian tahun dengan kegiatan yang berlebihan, bersifat hura-hura, serta tindakan yang melanggar norma hukum dan agama.

Camat dan Lurah pun diminta untuk mengimbau warganya agar tidak menyalakan atau membunyikan kembang api dan petasan. Hal yang dilarang lainnya adalah konvoi kendaraan bermotor dan mengumpulkan massa tanpa izin dari pihak yang berwenang.

Surat edaran itu mengimbau warga agar memanfaatkan momentum pergantian tahun untuk meningkatkan ibadah, kepedulian, dan kepekaan sosial untuk menjaga ketenteraman dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat.

(Mugni)

Berita Terkait