Menteri ESDM Luncurkan Becak Listrik Yang Dikembangkan UGM



Yogyakarta, Beritainspiratif.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Energi Ignasius Jonan meluncurkan becak listrik karya dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik UGM, di Halaman Balairung UGM, Yogyakarta, Jum’at, (18/1/2019).

Jonan mengapresiasi UGM yang telah mengembangkan becak listrik. Menurutnya dengan inovasi becak listrik tersebut dapat lebih memanusiakan tukang becak dan mengurangi polusi.

"Saya terima kasih kerja sama PLN dan FT UGM telah mempelopori becak listrik UGM. Ini lebih manusiawi karena tidak dikayuh dan polusi bisa ditekan,"jelasnya.

Jonan menyebutkan pihaknya mendorong pengembangan becak listrik ini. Diapun berharap kedepan UGM dapat menggandeng industri dalam pengembangan becak listrik agar dapat diproduksi dalam jumlah yang lebih besar.

"Harapan bapak Gubernur DIY juga bisa membuat regulasi agar becak listrik ini bisa berjalan untuk pariwisata, tidak menghilangkan lapangan kerja, dan menjaga lingkungan," katanya, dilansir kantor berita Antara.

Dalam kesempatan itu Jonan secara langsung mencoba mengendarai becak listrik yang ditumpangi oleh Rektor UGM,Prof.Panut Mulyono.

Rektor UGM Prof.Panut Mulyono mengatakan dengan becak listrik ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas tukang becak. Selain itu juga memulaiakan tukang becak.
"Produktivitas semakin besar karena temaga diganti listrik dengan daya jelajah yang lebih besar hingga 30 Kilometer," tuturnya.

Becak listrik ini dikatakan Panut juga lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan becak motor (bentor).

Sementara Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof.Nizam memaparkan pihaknya melalui Innovation Center for Automotive (ICA) memodifikasi armada becak dengam mengkonversinya menjadi becak dengan penggerak listrik. Pengembangan dilakukan tanpa menghilangkan keaslian bentuk becak dengan penambaham komponen penggerak berupa motor listrik 1.500 Watt 48V dan baterai VRLA 48V berkapasitas arus 12Ah.

Dengan baterai tersebut becak mampu digunakan secara penuh dengan listrik untuk menempuh 30 kilometer untuk setiap pengisian baterai.

"Jarak tempuh bisa ditingkatkan dengan mengganti atau menambah sistim baterai menjadi 24Ah dengan jarak temouh sekitar 50-60 kilometer setiap pengisian baterai," urainya.

Saat ini FT UGM telah mengembangkan sebanyak 15 prototipe becak listrik. Becak tersebut telah diberikan kepada paguyiban pengemudi becak di kawasan Bulaksumur UGM.

Sebelum peluncuran becak listrik, Jonan mengisi kuliah tamu di Balai Senat UGM dengan tema "Peran Perguruan Tinggi Dalam Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan". Bersamaan itu juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara UGM dan Kementrian ESDM dalam bidang riset dan pengembangan energi baru dan terbarukan serta konversi energi. Penandatangan kerja sama dilakukan oleh Rektor UGM dengan Kepala Balitbang Kementrian ESDM.

(Yanis)

Berita Terkait