Mentan Luncurkan Pengembangan Produk Pertanian Berbasis Pesantren



Jakarta, Beritainspiratif.com - Kementerian Pertanian meluncurkan program pemberdayaan ekonomi umat berbasis pondok pesantren menuju lumbung pangan dunia. Peluncuran program tersebut dilakukan langsung oleh Kementan, Pertanian Amran Sulaiman di Makassar, Sabtu (28/7).

Dalam siaran pers di Jakarta, Amran mengatakan program pemberdayaan ekonomi umat berbasis pesantren itu merupakan wujud dan implementasi arus baru ekonomi Indonesia melalui koperasi dan UMKM.

"Pasalnya, jika umat bisa digerakkan semua, Indonesia pasti bisa menguasai dunia, menjadi negara super power," katanya dikutip dari Elshinta.

Pada peluncuran itu dilakukan penandantangan nota kesepahaman antara Menteri Pertanian dengan MUI dan Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN) di mana turut hadir Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin, Ketua KMSN KH. Solahudin, Ketua KTNA Nasional Winarno Tohir dan Ketua MUI se Sulawesi Selatan.

"Kerja sama dengan MUI dan KMSN di era Pemerintahan Jokowi-JK ini pertama dalam sejarah. Polanya langsung 'action', kita sudah kerjakan lebih awal, diformalkan hari ini. Kita kerja dulu baru MoU, yang jelas yang kita butuhkan adalah hasilnya, rakyat menunggu. Kalau umat bergerak, Indonesia pasti hebat," tutur Amran.

Amran juga menekankan pihaknya bertekad untuk terus mengoptimalkan bantuan guna mendorong pertumbuhan ekonomi umat. Ia menilai kerja sama antara MUI dan KMSN diyakini mampu mendorong kemajuan pembangunan pertanian, contohnya budidaya jagung di Lampung, Bengkul, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, yang telah berhasil.

"Ini perintah Bapak Presiden agar bantuan langsung menyentuh rakyat dan berdampak langsung tingkatkan kesejahteraan. Sebab, kalau umat bisa digerakan semua, Indonesia pasti bisa menguasai dunia, menjadi negara super power. Kalau pesantren digerakan secara bersama, pertanian akan maju," tegasnya.

YoC

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, foto : Elshinta.com

Berita Terkait