Menpora Terima Plakat Pemecahan Rekor Muri Replika Congklak Terbesar



Jakarta, Beritainspiratif.com – Rangkaian "Kirab Pemuda 2018" yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia yang berlangsung selama 73 hari di 34 provinsi di Indonesia, secara resmi ditutup di GOR Rawamangun, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Puncak acara diisi dengan beragam lomba, pertandingan olahraga dan permainan tradisional, seperti hadang, terompah, panca dolanan serta turut ditampilkan replika permainan congklak dari material kardus dengan ukuran panjang 10,04 meter, lebar 152 cm, dan tinggi 54 cm.

Dilansir dari laman MURI acara ini dikemas dengan kekinian, kreatif, patriotik, gembira, massal, kompetitif, dan tak terlupakan diharapkan menjadi sarana tepat untuk memfasilitasi para pemuda agar dapat meningkatkan kreativitas, kemandirian, dan daya saing.

Diharapkan acara ini dapat membangkitkan semangat nasionalisme untuk membangun bangsa, menjaga kebhinekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI.

Dalam acara itu, Museum Rekor Indonesia (MURI) turut menganugerahkan plakat pemecahan rekor Indonesia kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi dengan kategori congklak terbesar dengan material kardus terbesar di dunia.

Pemecahan MURI dicatat dalam rekor MURI nomor 8740, atas nama Rekoris Dr. H. Imam Nahrawi, S.Ag., M.Kp. (Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dan M. Anwar, Ssi., MAP. (Wali Kota Administrasi Jakarta Timur)

Menpora Imam Nahrowi meminta peserta Kirab Pemuda 2018 untuk terus bermimpi menjadi pemimpin negeri di masa depan.

"Kalian harus menjadi pemimpin pemuda di daerah kalian masing-masing dan bermimpi memimpin negeri ini," kata Nahrowi.

"Pemuda harus promosikan ke luar negeri bahwa kita ini negeri yang elok dan kaya. Sebarkan virus merah putih ini, virus NKRI ke semua orang," pungkasnya.

(Yanis)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta