Menpan RB Apresiasi Layanan PKB Samsat J’Bret

Bandung, Beritainspiratif.com
Gubernur Jawa Barat Ridwan Jamil mengajak seluruh masyarakat, berperan aktif dalam program pembangunan, sehingga tidak semuanya harus dalam kendali pemerintah.

Ajakan itu disampaikan Gubernur pada peluncuran inovasi layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Samsat Jawa Barat Ngabret (Samsat J’Bret) di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (28/1/19).

Hadir pada peluncuran tersebut Menteri PAN & RB Syafruddin, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Dirut PT Jasa Raharja.

“Kami di sini sedang bereksperimen dengan Dynamic Bureaucracy atau Birokrasi 3.0, yaitu menitipkan urusan pembangunan tidak harus oleh unit birokrasi,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dalam sambutannya seperti dikutip dari rilis humas Pemprov Jabar

Lebih lanjut, Emil menuturkan pihaknya juga sedang bereksperimen, untuk mendatangi masyarakat secara langsung dalam melakukan pelayanan.

Dalam hal ini, bukan masyarakat lagi yang mendatangi negara. Salah satu implementasinya yaitu dengan menerapkan inovasi layanan Samsat J’Bret.

“Negara harus hadir atau datang, bukan selalu warga yang datang,” ujar Emil.

Inovasi layanan ini pun mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat.

Menteri PAN RB Syafruddin mengatakan, inovasi ini sebagai salah satu bentuk open government yang dilakukan Pemda Provinsi Jawa Barat.

“Apa yang dihadirkan Pemda Provinsi Jawa Barat dan instansi terkait lainnya ini perlu kita apresiasi,” tutur Syafruddin.

“Salah satu bentuk open government, negara hadir seluas-luasnya ke publik dan publik ingin berpartisipasi apa yang ingin dilakukan oleh negara ini,” lanjutnya.

Menurut Syafruddin, masyarakat saat ini perlu pelayanan cepat. Terlebih jumlah penduduk di Jawa Barat mencapai hampir 50 juta jiwa. Samsat J’Bret merupakan inovasi unik yang perlu diadopsi hingga tingkat nasional.

“Sekarang masyarakat tidak perlu lagi berkutat pada sistem, prosedur, semua bisa diinovasi. Ini (Samsat J’Bret) unik dan perlu diadopsi oleh nasional,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Agung Budi Maryoto menuturkan, inovasi Samsat J’Bret merupakan penjabaran dari program Nawacita terkait peningkatan pelayanan publik. Ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh Jawa Barat.

“Program ini merupakan rangkaian kegiatan apa yang menjadi arahan Bapak Presiden (Joko Widodo) melalui program Nawacita yaitu meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ucap Kapolda.

Samsat J’Bret merupakan salah satu inovasi dari Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat, yang terdiri dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat, Kepolisian Daerah Jawa Barat, dan PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Barat. Layanan ini dikemas dalam Perjanjian Kerjasama antara Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk.

(Ida)

Bagikan: