Menko Luhut Tinjau Command Center dan Rumah Sakit di Bali



Bali, Beritainspiratif.com - Usai meninjau simulasi Sabtu (15/9),Menko Luhut meresmikan Command Center di area Nusa Dua, yang mengintergrasikan semua kegiatan monitoring dan kontrol dari para petugas gabungan. Center ini memantau lebih dari 600 CCTV yang tersebar di seluruh Bali.

“Command Center ini dibuat permanen supaya bisa dipakai untuk acara selanjutnya. Fungsinya untuk mengintegrasikan semua, terkendali jika ada hal-hal darurat atau tidak darurat bisa dikontrol di sini. Mereka punya alat juga mengintegrasikan semua frekuensi berbeda-beda serta terkoneksi dengan bandara," ujar Menko Luhut kepada media. Dari situ, Menko Luhut melanjutkan peninjauan kesiapan rumah sakit di wilayah Nusa Dua.

[caption id="attachment_19362" align="aligncenter" width="300"] Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan meninjau RS Siloam BNDCC, Bali. Sabtu (15/9), foto : Kemenko Maritim[/caption]

Dari Nusa Dua, Menko Luhut mengunjungi Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali di Denpasar. Menko Luhut mengatakan puas dengan kesiapan Pusdalops BPBD Bali dan berniat meniru hal yang sama dalam bentuk lebih kecil untuk beberapa daerah wisata lain.

“Saya pribadi kagum ternyata kita punya kelas sebaik ini. Kita ingin mengcopy seperti ini di wilayah seperti Mandalika, Banyuwangi, Manado, dan Danau Toba, sehingga wisatawan yang datang tidak ragu lagi. Mereka mengintegrasikan semua, ambulans, helikopter, kapal, rumah sakit dan lainnya," ujarnya.

Pengamanan Pertemuan IMF-Bank Dunia meliputi 12 Satgas yang terdiri dari Satgas Panwil 1 Bali, Satgas Evakuasi, Satgas Laut, Satgas Penerbangan, Satgas Komlek, Satgas Intel, Satgas Passus, Satgas Pam VVIP, Satgas Pam VIP, Satgas Hanud, Satgas Udara, dan Satgas Medis. (Yones)

Berita Terkait