Menko Luhut Janjikan Perbaikan Dermaga Cikahuripan



Sukabumi,Beritainspiratif.com - Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada hari Selasa (19/3/2019). Dalam kunjungannya tersebut Menko meninjau dermaga nelayan Cikahuripan di Cisolok yang sempat terlantar sejak tahun 2013 silam.

"Saya ingin meninjau langsung masalah pelabuhan yang sekian tahun ndak beres-beres. Disini ada deputi saya Dr ridwan yang terlibat masalah infrastruktur" jelas Menko Luhut kepada masyarakat usai meninjau dermaga. Kegiatan tersebut dilakukan untuk sebagai tindak lanjut dari permintaan warga nelayan di kampung Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi melalui Ketua Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) Kabupaten Sukabumi Aji Troy.

Selain meninjau lokasi dermaga nelayan, Menko Luhut juga berdialog dengan para nelayan, bakul nelayan, kelompok tani, tokoh agama, kasepuhan adat, tokoh pemuda, dan para mantan kades se-Kabupaten Sukabumi. Kepada masyarakat yang hadir, Menko menjanjikan akan segera menindak lanjuti permintaan warga untuk merehab dermaga.

" Tapi harus ada perubahan desain agar tidak terjadi pendangkalan kembali dan kita akan hitung cost nya supaya bisa efisien dan segera dilakukan perbaikan," tukasnya. Kepada warga, Menko Luhut menyampaikan perintah Presiden Joko Widodo untuk segera menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang tertunda penanganannya. Hal ini termasuk perbaikan infrastruktur penunjang kegiatan pelayaran dan perikanan.

"Ini tidak ada urusan dengan kampanye, pemerintah ingin memperbaiki dermaga sehingga kapal nelayan tradisional yang jumlahnya sekitar 3200-an di Cisolok dan sekitarnya tidak nangkring di laut dengan memanfaatkan pelabuhan," tegasnya. Agar segera terealisasi, Menko Luhut mengatakan dia akan terlibat langsung dalam proses perencanaan hingga revitalisasi dermaga yang menurutnya membutuhkan waktu paling tidak 1.5 tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa meminta bantuan agar pemerintah pusat menggelontorkan anggaran untuk membangun dermaga nelayan tradisional yang terletak di Kampung Cikahuripan, Cisolok , Sukabumi.

"Proses pembangunan dermaga hingga rampung membutuhkan Rp 141 milyar, oleh karena itu kami berharap Menko Maritim dapat membantu kami," pintanya.

(Yones)

Berita Terkait