Menko Kemaritiman Apresiasi Pengelolaan Situ Cisanti



Bandung,Beritainspiratif.com- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman R.I Luhut Binsar Pandjaitan bersama Plh. Sekretaris Daerah Jawa Barat Daud Achmad dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, meninjau titik 0 KM Sungai Citarum di Situ Cisanti Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, Rabu (28/8/2019).

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Luhut melakukan penanaman pohon macadamia sekaligus meninjau penyemaian bibit dan mesin penyuling akar wangi.

Pada kesempatan yang sama, Luhut menyarankan kepada petani di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, untuk mengganti tanaman sayuran menjadi pohon kacang macadamia ataupun sereh wangi yang punya nilai ekonomi.

"Jadi, kita akan coba secara bertahap mengurangi tanaman-tanaman seperti kentang dan sayuran lainnya ini, dengan tanaman lain yang bernilai ekonomi juga seperti pohon macadamia tadi dan sereh wangi," kata Luhut.

"Kita berharap nanti beberapa ribu hektare (kawasan hutan hulu sungai Citarum), bisa ditanami berbagai macam pohon," tambahnya.

Luhut juga mengapresiasi pengelolaan Situ Cisanti yang sudah semakin baik, meski ada beberapa hal yang dinilai masih kurang. Dia juga mengatakan, pihaknya akan menyusun pemetaan pengembangan DAS Citarum dengan Presiden RI pada Senin (2/9) mendatang.

"Nanti Senin kita mau rapat lagi dengan Pak Presiden, untuk menyinergikan mapping mana yang mau dikerjakan tahun depan," ucapnya.

Hal senada dikatakan Plh Sekda Jawa Barat Daud Achmad. Menurut dia, penataan Situ Cisanti sudah jauh lebih baik, termasuk lingkungan di sekitarnya.

"Pak Luhut juga tadi menitipkan masyarakat yang selama ini berkebun dan bercocok tanam, diberi alternatif di sana dengan catatan tanamannya disesuaikan dengan program KLHK," katanya. (Ida)

Berita Terkait