Menkes Melalui Santapan ‘Isi Piringku’ Catat Rekor Muri Peserta Terbanyak



Jakarta, Beritainspiratif.com - Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di Parkir Timur Senayan salah satunya diisi dengan Festival 'Isi Piringku' yang menyajikan 3.284 porsi menu 'Isi Piringku'. Dalam acara tersebut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) di Jakarta pada Minggu (18/11/2018).

'Isi Piringku' adalah formula menu yang diciptakan Kementerian Kesehatan sebagai pedoman konsumsi sehari-hari dalam memenuhi gizi seimbang untuk menggantikan slogan ‘4 sehat 5 sempurna’ yang dinilai tidak relevan lagi bagi masyarakat Indonesia.

‘Isi Piringku’ berisi satuan porsi makan dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen sayur dan buah, serta 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

'Isi Piringku' merupakan bagian dari GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang dicetuskan oleh Kementerian Kesehatan sebagai pedoman pola hidup sehat dengan cara melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Hal tersebut untuk menanggulangi meningkatnya angka Penyakit Tidak Menular di Indonesia karena terjadinya perubahan pola makan masyarakat yang lebih gemar mengonsumsi makanan instan dan kurangnya aktivitas fisik.

Dilansir dari laman MURI, pemberian penghargaan ini karena Kemenkes RI berhasil mengajak 3.284 warga Jakarta dan sekitarnya beramai-ramai menyantap makanan sesuai porsi Isi Piringku, dicatat dalam Rekor MURI Nomor 8745, atas nama Rekoris Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Anfasa Moloek, Sp.M. ( K ), Menteri Kesehatan RI.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek berharap acara makan bersama yang diikuti ribuan orang itu bisa meningkatkan pemahaman masyarakat tentang porsi makan ideal.

Sementara itu, MURI melalui CEO Jaya Suprana mengapresiasi perjuangan Menkes meningkatkan kesehatan warga Indonesia. Ini adalah penghargaan MURI yang kesekian kali yang disampaikan MURI untuk Menkes.

Jaya menilai gerakan makan sesuai porsi Isi Piringku merupakan hal yang baik sekali. Itu yang menjadi alasan dirinya memberikan piagam Rekor Muri kepada Menkes. Jaya mengaku belum pernah mendengar gerakan seperti Isi Piringku di negara lain.

(Yanis)

Berita Terkait