Menjadikan Anak Berkarakter, Orangtua Diminta Luangkan Waktu untuk Anak

Cirebon, Beritainspiratif.com – Setiap orangtua diminta untuk bisa meluangkan waktu dan mendengarkan keluh kesah anak-anak mereka. Sehingga ke depannya mereka bisa tumbuh menjadi anak yang memiliki karakter.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Asep Dedi, saat memberikan sambutan di acara Gebyar PAUD (Karnaval PAUD) 2018 dalam rangka memperingati HUT ke 73 RI, Hari Jadi Cirebon ke 649 serta Hari Anak Nasional di depan Balaikota Cirebon, Jalan Siliwangi 84, Kota Cirebon, Selasa, 28 Agustus 2018.

“Masa anak-anak ini merupakan masa keemasan,” ungkap Asep. Sehingga setiap orangtua perlu menjaga dan mengarahkan agar mereka dapat tumbuh menjadi anak-anak yang berkarakter.

Salah satu yang bisa dilakukan oleh orangtua yaitu dapat meluangkan waktunya untuk bermain serta mendengarkan keluh kesah anak-anak mereka. “Tentu juga dengan memberikan pendidikan yang baik untuk mereka,” ungkap Asep.

Karena itu, Asep pun mengapresiasi kegiatan Karnaval PAUD yang diselenggarakan hari ini. Karena selain bisa memberikan pengalaman baru bagi anak-anak PAUD juga bisa membuat mereka saling kenal dengan teman-teman mereka lainnya. “Juga hiburan bagi anak-anak kita,” ungkap Asep.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Jaja Sulaeman, mengungkapkan jika kegiatan hari ini juga direncanakan akan diteruskan tahun berikutnya.

“Insya Allah tahun depan akan kita laksanakan. Tahun ini yang pertama untuk jenis karnaval,” ungkap Jaja.

Ada pun pesertanya berasal dari 162 TK, TPA, Kober dan Satuan Paud Sejenis (SPS) dengan jumlah total 2.350 orang anak. Sedangkan jumlah orangtua pengantar dan guru sebanyak 2.945.

Kegiatan ini, lanjut Jaja, sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar lembaga serta orangtua. Selain itu juga agar anak-anak PAUD di Kota Cirebon memiliki karakter yang kuat dan bisa hidup mandiri.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini anak-anak memiliki pengalaman dalam mengikuti sebuah acara,” kata Jaja.

Yang tentunya akan sangat berguna untuk tumbuh kembang mereka ke tingkatan selanjutnya.

Ribuan anak-anak PAUD yang mengikuti karnaval tersebut melakukan start dari depan Balai Kota Cirebon dan finish di masjid At Taqwa/alun-alun Kejaksan Kota Cirebon. Anak-anak menggunakan berbagai macam kostum, mulai dari pakaian daerah, pakaian dinas profesi dan lain sebagainya.

Yones

Bagikan: