Mengenal Obyek Wisata di Sulawesi



Beritainspiratif.com-1. Pantai Losari – Makassar, Sulawesi Selatan

Pantai Losari - Makassar, Sulawesi Selatan

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Pantai Losari, bukan? Meskipun belum pernah menginjakkan kaki di sana, umumnya orang Indonesia tahu persis di mana pantai ini berada. Ya, di Makassar, Sulawesi Selatan. Pantai ini merupakan tempat wisata yang menjadi primadona warga sekitar dan siapa pun yang berkunjung ke Makassar. Di sini, Anda bisa duduk santai di pinggir pantai menikmati angin sepoi-sepoi ditemani camilan khas yakni pisang epe. Suasana pantai akan semakin ramai menjelang sore karena Losari adalah tempat favorit banyak orang untuk melihat matahari terbenam. Meskipun pantai, objek wisata ini tidak memiliki pasir jadi jangan harap Anda bisa membangun istana pasir di sini. Selain itu, Anda juga tidak diperkenankan berenang di sini karena pantai ini cukup dalam.

2. Wakatobi – Sulawesi Tenggara

Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara dengan panorama alam yang begitu memukau. Wakatobi sendiri merupakan akronim dari nama-nama pulau besar yang ada di sana: Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Selain memiliki bentang alam dengan pantai biru berpasir putihnya yang menawan, Wakatobi juga terkenal sebagai tempatnya para pandai besi berasal.

Konon, parang dan pisau yang dibuat oleh penduduk Wakatobi lebih tajam, kuat, dan antikarat. Oleh sebab itu, tempat wisata ini juga mendapat julukan Kepulauan Tukang Besi. Nah, salah satu objek wisata favorit di sini adalah Pulau Hoga. Pulau ini memiliki pemandangan yang sangat cantik, asri, dan sejuk karena di bibir pantai banyak terdapat pohon kelapa dan pinusnya. Selain itu, di sini juga banyak terdapat cottage dengan desain khas rumah adat Buton. Buat Anda yang ingin berbulan madu, Pulau Wakatobi adalah pilihan yang pas.

3. Taman Nasional Kepualauan Togean – Sulawesi Tengah

Mungkin masih banyak yang belum mengenal tempat wisata menarik di Sulawesi Tengah yang satu ini—Taman Nasional Kepulauan Togean. Padahal, kepulauan ini merupakan tempat yang terkenal kaya akan terumbu karang serta biota laut yang langka dan dilindungi. Oleh karena itulah, kawasan pantai di kepulauan ini sangat cocok jika dijadikan titik menyelam atau sekadar snorkeling, terutama di Pulau Kadadiri. Cukupkah keindahan alam Togean hanya sampai di situ? Ternyata tidak. selain lautnya biru dan berpasir putih, pulau ini juga diselimuti oleh vegetasi tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dihiasi oleh bukit-bukit karang yang cantik. Kecantikan-kecantikan itulah yang membuat banyak wisatawan rela jauh-jauh ke Sulawesi Tengah demi bisa merasakan sedikit potongan surga di tanah Sulawesi. Anda tertarik berlibur ke sini?

4. Pantai Dato Majene – Sulawesi Barat

Tanah Sulawesi memang menyimpan sejuta keindahan alam yang takkan pernah habis dinikmati, salah satunya adalah Pantai Dato Majene yang berjarak 7 km berkendara dari pusat Kota Majene. Tidak hanya dihiasi dengan pasir putih bak permadani dan air lautnya yang biru begitu membius siapa saja yang bertandang ke pantai berbatu karang dan berbukit ini. Ketika berlibur di sini, ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan, seperti berenang, bermain pasir, snorkeling, memancing, serta menikmati indahnya matahari terbenam dari balik bukit. Untuk urusan akomodasi, tidak jauh dari tempat wisata ini ada beberapa hotel dan penginapan yang bisa Anda singgahi.

5. Taman Laut Bunaken – Manado, Sulawesi Utara

Indonesia memiliki banyak taman laut dengan pemandangan yang cantik-cantik, salah satunya adalah Taman Laut Bunaken yang bertempat di Provinsi Sulawesi Utara. Taman ini sendiri merupakan kawasan konservasi terumbu karang dan biota laut lain dengan luas 890,65 km yang dijadikan tempat wisata dan dibuka untuk umum. Karena terletak di segitiga terumbu karang, di sini kita akan dengan mudah menemukan 390 spesies terumbu karang dan 90 jenis ikan, reptil, mamalia, serta moluska. Semua keindahan bawah laut tersebut bisa dinikmati dengan snorkeling. Hingga hari ini, Taman Laut Bunaken masih menjadi destinasi wisata andalan yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Manado. Sedikit saran jika ingin berkunjung ke sini, datanglah sekitar bulan Mei sampai Agustus karena pada bulan-bulan itu air laut sedang sangat jernih dan suhu sedang hangat-hangatnya. (Yanis)

Sumber : Traveloka

Berita Terkait