Mengenal Obyek Wisata di Pulau Jawa (Bagian 2)



Beritainspiratif.com-1. Gereja Ayakm – Magelang, Jawa Tengah

Anda yang sudah menonton film AADC 2 tentu tidak lupa dengan salah satu spot pertemuan Rangga dan Cinta, bukan? Ya, Gereja Ayam namanya. Gereja yang pernah dijadikan tempat rehabilitasi ini memiliki desain yang unik mirip ayam, oleh karena itulah gereja ini disebut Gereja Ayam. Satu hal menarik yang bisa kita nikmati ketika berada di sini adalah menyaksikan megahnya Candi Borobudur dari kejauhan. Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga merupakan titik yang cocok untuk melihat matahari terbit ditemani kabut. Sedikit saran jika ingin melihat pemandangan matahari terbit, datanglah pada waktu subuh.

2. Pantai Siung – Gunungkidul, Yogyakarta

Selain kaya akan wisata sejarah, budaya, dan kuliner, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat wisata cantik yang tak kalah dengan yang ada di luar negeri, salah satunya adalah Pantai Siung di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus ini memiliki pesona yang sungguh memikat. Tidak hanya pasir putih dan air lautnya yang biru, suasana di pantai ini juga terbilang tenang karena belum banyak dikunjungi orang, sehingga sangat cocok buat Anda yang ingin berelaksasi menyegarkan pikiran. Sekadar saran jika ingin ke sini, pakailah kendaraan pribadi karena jalan menuju lokasi dikelilingi oleh perbukitan kapur dan ladang palawija. Meski memakan waktu 2 jam dari pusat Kota Jogja, rasa lelah akan terbayar lunas begitu Anda sampai di lokasi.

3. Canting Mas Puncak Dipowono – Kulon Progo, Yogyakarta

Masih dari bumi Ngayogyakarta, di Kabupaten Kulon Progo ada sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan luar biasa cantik untuk para wisatawan, yakni Canting Mas Puncak Dipowono yang terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, satu lokasi dengan wisata alam Kalibiru yang terkenal itu. Objek wisata ini menawarkan pemandangan Waduk Sermo yang mahaluas itu. Di sini, Anda juga bisa melihat Kota Wates, Bantul, dan Jogja dari ketinggian. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kesyahduan matahari terbit dan terbenam dari Puncak Dipowono. Nah, buat Anda yang senang fotografi, tempat wisata yang satu ini sangat wajib Anda sambangi.

4. Air Terjun Kedung Pedut – Kulon Progo, Yogyakarta

Selain Canting Mas Puncak Dipowono, masih banyak tempat wisata menarik lain di Kulon Progo yang tak kalah cantik, salah satunya adalah Air Terjun Kedung Pedut. Berlokasi di Girimulyo, Kulon Progo, Jogja, objek wisata air ini sangat cocok dikunjungi Anda yang merasa penat dengan rutinitas sehari-hari. Suara gemericik air ditambah hawa sejuk khas pegunungan dijamin akan membuat pikiran Anda segar kembali. Di sini, Anda bisa puas bermain air sampai sore tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Yang menarik dari objek wisata yang satu ini adalah warna airnya ada dua macam: biru dan putih. Ini karena warga setempat masih sangat telaten menjaga keasrian tanah kelahiran mereka. Untuk menuju ke lokasi curug (air terjun), Anda diharuskan menapaki jalur setapak selama kurang lebih 15 menit. Meskipun lelah, semua letih akan terbayar ketika telinga sudah mendengar suara gemericik air dari kejauhan. Siap liburan di Kulon Progo?

5. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru – Jawa Timur

Jawa Timur memiliki satu pesona wisata yang kecantikannya tak terbantahkan, bahkan oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Ya, apa lagi kalau bukan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? Tempat wisata berupa taman nasional yang terletak di 4 kabupaten di Jawa Timur ini sendiri memiliki banyak objek menarik yang tidak boleh dilewatkan, mulai dari Gunung Bromo dan semeru, lautan pasir, Pantai Berbisik, Air Terjun Madakaripura, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, dan lain-lain yang semuanya cantik. Akses menuju TNBTS ini terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti rute menuju Gunung Bromo. Meskipun jalannya cukup ekstrem, semua akan terbayar tuntas jika Anda sudah sampai di lokasi.

6. Kawah Ijen – Banyuwangi, Jawa Timur

Eksotisme Jawa Timur tidak berhenti di Gunung Bromo dan sekitarnya, lho. Di Banyuwangi ada satu tempat wisata menarik yang sangat terkenal di kalangan wisatawan, yakni Kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan danau belerang terbesar di Pulau Jawa. Yang menarik, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan kawah berwarna toska dan biru api pada tengah malam menjelang subuh. Untuk bisa mencapai puncak kawah, Anda harus mendaki tebing sepanjang 3 km dengan kemiringan pendakian sekitar 25-30 derajat. Meski melelahkan, seluruh penat yang terasa akan hilang seketika begitu sampai di tempat wisata nan memesona ini. Sudah siap melancong ke Jawa Timur? (Yanis)

Sumber : Traveloka

Berita Terkait