Mengenal Obyek Wisata di Pulau Jawa (Bagian 1)

Beritainspiratif.com-1. Pulau Peucang – Banten

Setelah puas menjelajah tanah Sumatera, mari menyeberang ke arah selatan, yakni Pulau Jawa. Di ujung paling barat Pulau Jawa sendiri terdapat sebuah tempat wisata menarik yang tak boleh dilewatkan, yakni Pulau Peucang. Pulau in terletak persis di sebelah timur Taman Nasional Ujun Kulon dan memiliki pemandangan yang begitu memesona. Di pulau yang sudah disahkan menjadi situs warisan budaya UNESCO ini Anda bisa dengan mudah menjumpai aneka flora dan fauna khas Banten, seperti rusa, banteng Jawa, merak hijau, lutung, dan sebagainya. Untuk bisa menikmati pasir putih dan birunya laut Pulau Peucang, Anda perlu melalui dermaga penyeberangan yang terdapat di Kecamatan Sumur (sekitar 9 jam dari Tangerang). Namun percayalah, rasa lelah akan terbayar begitu Anda menginjakkan kaki di surga tersembunyi yang dimiliki Banten ini.

2. Kepulauan Seribu

Jakarta ternyata tidak melulu soal macet, gedung-gedung pencakar langit, hotel dan pusat perbelanjaan mewah, lho. Jika mau bergeser sedikit ke arah utara di Kepulauan Seribu, Anda akan menemukan Jakarta yang berbeda. Ya, di sini terdapat sebuah tempat wisata bertajuk Taman Nasional Kepulauan Seribu yang tidak hanya dijadikan sebagai zona konservasi, tapi juga tempat wisata. Selain itu, Kepulauan seribu juga memiliki banyak pulau cantik yang sangat cocok dijadikan destinasi liburan akhir pekan, beberapa di antaranya adalah Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena air lautnya jernih dan berpasir putih, tempat ini merupakan spot yang sangat cocok untuk menyelam, snorkeling, dan aktivitas air yang lainnya. Untuk mencapai Kepulauan Seribu, Anda harus menyeberang menggunakan kapal yang disediakan di Pelabuhan Ancol selama 3 jam perjalanan.

3. Kawah Putih – Bandung, Jawa Barat
Bergeser ke Provinsi Jawa Barat, di Bumi Pasundan, Bandung, ada banyak tempat wisata dengan pemandangan memesona yang wajib Anda kunjungi, salah satunya adalah Kawah Putih yang terletak di Ciwidey, Bandung. Terletak sekira 50 km arah selatan Kota Bandung, objek wisata ini merupakan sebuah danau vulkanis yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha. Karena tercampur dengan unsur belerang, tanah di kawasan wisata ini seluruhnya berwarna putih. Yang menarik, danau di sini juga bisa berubah warna sesuai dengan kadar belerang, suhu, serta iklim. Karena letaknya berada pada ketinggian 2.400 dpl, cuaca di sini terbilang cukup dingin sehingga Anda disarankan untuk memakai jaket tebal. Untuk bisa menikmati keindahan Kawah Putih, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp15.000. Di lokasi, ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati, mulai dari musala, restoran, area parkir, dan transportasi dari gerbang sampai kawah.

4. Pelabuhan Ratu – Sukabumi
Pernah mendengar legenda Nyi Roro Kidul? Ya, salah satu tempat yang sering disebut-sebut sebagai lokasi persemayaman Ratu Laut Selatan adalah Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Pelabuhan Ratu sendiri merupakan pantai paling terkenal yang ada di Sukabumi, hal ini tidak lepas dari mitos yang beredar di masyarakat tersebut. Pantai ini memiliki karakter khas pantai selatan, yakni pasir cokelat dengan ombak yang cukup tinggi serta bibir pantai yang dihiasi bebatuan besar. Di sini ada satu hotel bersejarah yang pembangunannya diinisiasi oleh Presiden Soekarno, yakni Samudera Beach Hotel.

5. Kota Lama Semarang – Jawa Tengah
Dari Jawa Barat, mari beranjak ke arah timur, tepatnya di Kota Semarang yang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah. Semarang sendiri merupakan kota yang cukup unik karena memiliki beragam tempat wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, kuliner, dan sebagainya. Nah, salah satu tempat wisata bersejarah di Semarang yang cukup terkenal dan masih dikunjungi wisatawan hingga hari ini adalah kawasan Kota Lama. Pada zaman dulu, kawasan peninggalan pemerintah kolonial Belanda ini merupakan pusat perdagangan dengan luas sekitar 31 hektar. Di sini, banyak bangunan kuno berarsitektur Belanda yang sarat akan nilai sejarah, di antaranya adalah Stasiun Tawang, Polder Air Tawang, Gereja Blenduk, Jembatan Mberok, serta kawasan pertokoan. Pun karena kota ini didesain mirip kota-kota di Belanda, kawasan Kota Lama Semarang dijuluki dengan The Little Netherlands.

6. Kepulauan Karimun Jawa – Jepara, Jawa Tengah

Di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di bagian utara Pulau Jawa, ada satu tempat wisata menarik yang banyak dirujuk wisatawan sebagai destinasi liburan akhir pekan, tidak hanya wisatawan domestik, tapi juga mancanegara, yakni Kepulauan Karimun Jawa. Tempat wisata yang masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara ini merupakan titik paling pas untuk menikmati surga bawah laut dengan 90 jenis karang laut dan 240 lebih spesies ikan yang luar biasa cantik. Selain itu, Anda juga bisa menikmati hutan mangrove dan melihat satwa khas di tempat wisata yang dijuluki sebagai Pulau Karibia-nya Jawa ini, seperti rusa, kera, penyu, beragam spesies burung, dan masih banyak lagi yang lainnya. (Yanis)
Sumber : Traveloka

Bagikan: