Mengenal Obyek Wisata di Kalimantan



Beritainspiratif.com-1. Tugu Khatulistiwa – Pontianak, Kalimantan Barat

Dari Pulau Jawa, mari meloncat ke Kalimantan. Di Kalimantan Barat, tepatnya Kota Pontianak, terdapat satu tempat wisata yang sangat sering dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan, yakni Tugu Khatulistiwa. Tugu yang terletak persis di Jalan Khatulistiwa ini dibangun sebagai penanda garis lintang nol derajat bumi. Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, Tugu Khatulistiwa ini menjadi lokasi diperingatinya Hari Kulminasi Matahari. Titik kulminasi merupakan titik ketika posisi matahari persis berada di atas garis khatulistiwa. Pada saat peristiwa ini berlangsung, bayangan benda akan menghilang selama beberapa detik. Peristiwa ini selalu menjadi hiburan menarik bagi warga dan wisatawan yang kebetulan berkunjung pada hari tersebut. Hal menarik lain yang bisa Anda peroleh usai mengunjungi tugu ini adalah piagam bukti perlintasan garis khatulistiwa. Dalam piagam tersebut akan tertera nama dan waktu kapan pengunjung melintasi garis khatulistiwa. Wah, unik juga, ya.

2. Pulau Derawan – Kalimantan Timur

Di Provinsi Kalimantan Barat ada satu tempat wisata yang keindahannya mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan internasional. Ya, Pulau Derawan jawabannya. Pulau cantik ini sendiri menawarkan pesona laut biru dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa memesona. Begitu cantiknya, objek wisata ini sampai berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai tempat menyelam bertaraf internasional. Di sini, Anda bisa bebas bermain dengan penyu sambil berjemur di pantai pasir putihnya yang menawan. Selain menyediakan peralatan menyelam, di sini juga terdapat cottage dan restoran untuk menunjang kebutuhan liburan para wisatawan. Untuk menuju ke sini pun aksesnya sangat mudah, Anda hanya perlu menuju Tanjung Redep dengan menggunakan pesawat DAS, Deraya, atau KAL Star, lalu dilanjut dengan menyewa motorboat menuju Pulau Derawan.

3. Jembatan Barito – Kalimantan Selatan

Di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ada satu tempat wisata yang sangat terkenal dan tak pernah sepi peminat, terutama pada akhir pekan, yakni Jembatan Barito. Dinamakan demikian karena jembatan dengan panjang 1.082 meter ini melintas di atas Sungai Barito dan menghubungkan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Jembatan ini sendiri pertama kali diresmikan pada tahun 1997 oleh Presiden Soeharto dan menjadi ikon Kota Banjarmasin. Menjelang sore, banyak wisatawan berkunjung ke sini sekadar untuk menikmati indah dan luasnya Sungai Barito. Yang menarik, di bagian bawah jembatan terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Bakut, jadi warga setempat juga sering menamakan tempat wisata ini sebagai Jembatan Bakut.

4. Pantai Batu Lamampu – Nunukan, Kalimantan Timur

Pesona Kalimantan memang takkan pernah habis untuk dijelajahi. Dan salah satu tempat wisata paling terkenal di provinsi ini adalah Pantai Batu Lamampu yang terletak di Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. Di pulau ini terdapat sebuah hamparan pantai nan cantik. Suasananya yang tenang dan bersih serta dihiasi batu karang raksasa membuat tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata akhir pekan bersama keluarga dan orang-orang terkasih. (Yanis)

Sumber : Traveloka

Berita Terkait