Membaca Al Qur’an Setelah Sholat Maghrib dan Shubuh Baik Sekali Bagi Kesehatan

Beritainspiratif.com – Banyak sekali manfaatnya membaca Alquran bagi kesehatan, salah satunya dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat. Sang peneliti yang bernama Dr Ahmed Al-Qadhi menyatakan, membaca atau memperdengarkan lantunan ayat suci Alquran saja sudah dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia.

Fakta ilmiah tersebut juga dikuatkan dengan berbagai riset lain yang dilakukan di seluruh dunia mengenai manfaat membaca Alquran. Berikut rangkuman berbagai manfaat membaca Alquran bagi kesehatan:

1. Membaca Al-Qur’an terbukti efektif meredakan stres dan kecemasan.

Manfaat langsung yang bisa dirasakan saat kita membaca Alquran adalah ketenangan jiwa. Sebuah studi di Universitas Salford, Inggris, membuktikan, orang-orang yang membaca dan melantunkan Alquran menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa. 

2. Menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung

Lantunan ayat Alquran memberi efek relaksasi bagi mereka yang membaca ataupun mendengarkannya. Hal ini terbukti menjadi solusi yang paling jitu untuk menormalkan tekanan darah dan denyut jantung yang sedang tidak stabil. Proses relaksasi mengaktifkan sekaligus mengendalikan saraf otonom (saraf simpatis dan parasimpatis), sehingga akan menciptakan tekanan darah dan membuat denyut jantung stabil.

3. Meningkatkan daya ingat dan mempertajam konsentrasi

Orang yang rajin membaca Alquran terbukti memiliki daya ingat yang lebih baik. Selain itu, membaca Alquran, juga secara otomatis mampu membuat otak lebih fokus, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi. Karenanya, sangat disarankan bagi Anda yang bekerja di kantor untuk membiasakan diri membaca Alquran selama 10 hingga 15 menit di pagi hari, agar Anda agar lebih fokus memulai pekerjaan.

4. Membantu menghancurkan sel-sel kanker.

Salah satu hasil penelitian Dr Ahmed Al-Qadhi menyebutkan, lantunan ayat suci Alquran mampu mengembalikan keseimbangan sel-sel sehat dalam tubuh, sehingga dapat melawan sel-sel kanker. Selain itu, membaca dan mendengar lantunan ayat Alquran juga sangat baik untuk meningkatkan sel-sel imun, sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan virus dan bakteri.

Berkata Abdul Malik bin Umair: “Satu-satunya Manusia yang Tidak Tua / awet muda dan tidak pelupa  adalah orang yang selalu membaca Al-Quran”.

“Manusia yang Paling Jernih Akalnya adalah para pembaca Al-Quran”.

Berkata Al-imam Qurtubi : “Barang siapa yang membaca Al-Quran,  maka Allah akan menjadikan Ingatannya Segar meskipun Umurnya telah mencapai 100 tahun”.

Imam Besar Ibrahim al-Maqdisi memberikan wasiat pada muridnya Abbas bin Abdi Daim Rahimahullah.

“Perbanyaklah membaca Al-Quran jangan pernah kau Tinggalkan, kerana sesungguhnya setiap yang kamu Inginkan akan dlMudahkan Setara dengan yang kamu baca”.

Berkata Ibnu Solah : “Bahwasannya para Malaikat Tidak Diberi Keutama’an untuk membaca Al-Quran,  maka oleh kerana itu para Malaikat Bersemangat untuk selalu Mendengar saja dari Bacaan Manusia”.

Berkata Abu Zanad : “Di tengah malam,  aku keluar menuju Masjid Rasulullah SAW. sungguh tidak ada satu Rumahpun yang aku lewati melainkan padanya ada yang Membaca Al-Quran”.

Jadikanlah Al Quran temanmu di dunia dan penolongmu di akhirat.

Yanis

Bagikan: