Melihat Lebih Dekat Songket Palembang



Bandung, Beritainspiratif.com - Indonesia sangat banyak memiliki keanekaragaman budaya, terutama yang berkaitan dengan adat istiadat, salah satunya kain songket asli Palembang.

Bagi anda yang ingin tahu apa keunikannya, tak perlu jauh-jauh datang ke Palembang karena kini songket asli Palembang hadir di pameran batik Tamansari Batik Festival 2018, di Graha Manggala Siliwangi, pameran masih berlangsung hingga Minggu (4/11/2018)

Menurut keterangan pemilik galeri songket Palembang, Fikri, ada beberapa keunikan tersendiri yang tentunya menjadi ciri khas songket Palembang. "Uniknya Songket Palembang ini memiliki makna-makna tersendiri pada setiap motifnya, seperti motif Naga Besaung yang mencerminkan kegagahan para raja, zaman dahulu biasanya digunakan para anggota kerajaan saja," ungkapnya kepada Beritainspiratif.com, Jumat (2/11/2018)

Motif Naga Besaung, lanjut Fikri, cirinya adalah memuat banyak unsur warn emas dipadu padankan dengan warna - warna lembut seperi biru langit atau abu muda.

Selain Naga Besaung ada pula motif cantik manis, yang tidak terlalu ramai, tidak terlalu banyak benang emas, biasa di pakai diacara yang tidak terlalu formal. "Biasa dipakai di acara adat Palembang atau Medan," lanjut Fikri.

Pada proses pembuatan, songket Palembang  sama sekali tidak menggunakan mesin, karenanya untuk satu pasang songket yang terdiri dari satu helai selendang dan bawahan, waktu pembuatannya bisa sampai tiga bulan.

Karena kerumitan dan prosesnya yang panjang harga songket asli Palembang ini cukup lumayan, namun tetap sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

"Harga tergantung kerumitan motif, kisaran Rp 2 juta sampai Rp 11 Juta, ada disini," pungkas pria yang baru pertama kali pameran di Bandung ini.       (Tito)

Berita Terkait