Melalui Program Sahabat Lansia, Pemkot Bandung Libatkan Mahasiswa dan Pemuda



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3PM) Kota Bandung menyelenggarakan program Sahabat Lansia.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas DP3PM, Dedi Supandi, di Pendopo Kota Bandung, Jumat (9/11/2018). program ini akan memberdayakan pemuda dan mahasiswa di Kota Bandung untuk mendampingi lansia yang sudah tidak punya anggota keluarga.

"Nanti para Sahabat Lansia (relawan) tugasnya menemani lansia yang sudah hidup sebatang kara, tugasnya membantu apa kebutuhan lansia membantu aktifitasnya juga, kan lansi itu renta, untuk beraktifitas juga mungkin sulit," papar Dedi.

Lebih lanjut pihaknya berharap program ini di prioritaskan bagi lansia yang sudah hidup sendiri. Adapun berdasarkan data dari DP3PM dengan jumlah penduduk Kota Bandung sekitar 2,4 Juta jiwa, 264. 415 diantaranya merupakan lansia.

" Fokus utama kita adalah lansia yang tinggal sendirian, ada sekitar 2.409 dari jumlah lansia secara keseluruhan," jelasnya kepada Beritainspiratif.com.

Melalui program ini pihaknya berharap lansia di Kota Bandung bisa punya angka harapan hidup yang tinggi, dan punya kepercayaan diri serta pengakuan secara sosial.

"Kita mau para lansia ini bisa tetap bahagia tentunya, angka harapan hidupnya juga tetap ada, rasa saling membantu juga tumbuh dan akhirnya ya para lansia tetap punya semangat hidup dan percaya diri," tandas Dedi.    (Tito)

Berita Terkait