Mayjen TNI (Purn) Leo Siegers Mantan Pemain PSM, yang Jadi Staf Khusus Ketum PSSI



Jakarta, Beritainspiratif.com - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah mengangkat dua jenderal purnawirawan TNI AD sebagai staf khusus. Dua purnawirawan perwira tinggi TNI AD tersebut, yakni Mayjen TNI (Purn) Leo Siegers dan Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi.

Mereka diangkat untuk memberikan masukan dan pertimbangan kepada Ketua Umum PSSI demi kemajuan persepakbolaan di Tanah Air.

Leo Siegers pernah menjabat Pangdam I Bukit Barisan pada Mei 2010 – September 2011 dan kenyang pengalaman dalam berbagai tugas kemiliteran, termasuk mengamankan Jakarta saat kerusuhan Mei 1998.

Leo Siegers merupakan lulusan Akmil 1978, seangkatan dengan Ketua Umum KONI Letjen (TNI) Marciano Norman, dan lama bertugas di kesatuan artileri pertahanan udara.

"Suatu kebanggaan bagi saya dipercaya Ketua Umum PSSI untuk membantu di PSSI. Saya mencintai sepak bola sejak kecil dan mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia. Keluarga saya juga suka sepak bola, dan saya pernah menjadi pemain PSM Makassar bersama adik saya Hengky Siegers di era 1970 an. Bahkan ia sempat menjadi pemain Timnas Indonesia era 80'an" kata Leo Siegers.

“Jika tidak masuk militer, saya pasti sudah menjadi pemain bola profesional. Saat itu saya harus memilih apakah berkarier di militer atau sepak bola. Militer akhirnya menjadi jalan hidup saya, meskipun sepak bola tidak bisa lepas dari bayang-bayang saya.”

Pria kelahiran Makassar, 20 Agustus 1956 ini mengakhiri masa dinas kemiliterannya dengan menjabat Koordinator Staf Ahli Panglima TNI dan Staf Khusus Panglima TNI.

"Saya dengan pak Andogo sudah mulai bekerja. Tentu dengan kerja keras, kami yakin dibawah kepemimpinan Mochamad Iriawan, PSSI dan sepak bola Indonesia dapat berjaya dan meraih prestasi," kata Leo Siegers.

Leo Siegers saat masih aktif di militer pernah memperkuat PS TNI. Bahkan menjadi salah satu andalan di tim itu. Tidak heran jika Leo juga memiliki pemahaman soal sepak bola nasional.

Direktur Olahraga Persija Jakarta, Ferry Paulus pun mengakui Leo Siegers mencintai sepak bola. Bahkan gila bola. Apalagi sebelum masuk TNI, Leo Siegers pernah menjadi pemain Juku Eja—julukan PSM Makassar.

"Beliau tidak meneruskan sebagai pemain PSM Makassar karena masuk di akademi militer Magelang. Saya punya keyakinan Pak Leo pasti bangga menjadi staf khusus di PSSI karena bisa mengabdi serta kembali melengkapi cita-cita ketika masih sebagai pemain sepak bola," kata Ferry Paulus.

Para staf khusus Ketua Umum PSSI ini sudah mulai bertugas. Leo Siegers bahkan tampak mendampingi Iriawan saat Ketua Umum PSSI dan Wasekjen Maaike Ira Puspita bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, 22 Mei lalu untuk menyampaikan perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Dan pada Jumat (29/5/2020) kemarin para staf khusus ini ikut rapat virtual PSSI bersama dengan seluruh tim Liga 2 2020, katanya di laman resmi PSSI. (*)

Berita Terkait