Mau Berwisata Rombongan Di Masa AKB? Naiklah Kereta Wisata Tematik Ini

Bandung, Beritainspiratif.com – PT Kereta Api Pariwisata (Kawisata) kembali mengoperasikan Kereta Wisata Tematik Pola Charter (Rombongan), setelah tiga bulan berhenti akibat pandemi Covid-19.

Sebelumnya telah dioperasikan Kereta Wisata Tipe Priority Pola FIT (Perorangan), relasi Gambir Bandung (PP), yang dirangkaikan pada KA Argo Parahyangan mulai 2 Agustus 2020 lalu.

Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata Totok Suryono mengatakan ada beberapa tipe Kereta Wisata Tematik yakni Kereta Wisata Tipe Nusantara, Tipe Jawa, Tipe Bali, Tipe Toraja, Tipe Sumatera, Tipe Retro, Tipe Imperial serta Kereta Istimewa.

Baca Juga:Pemkot-bandung-siapkan-anggaran-rp1263-miliar-untuk-siswa-dan-mahasiswa-rmp

Interior Kereta Wisata Tematik didesain dengan sangat indah, sesuai dengan keunikan dan ciri khas dari masing-masing tipe keretanya.

“Kita memang sengaja membuat tematik sesuai dengan tujuan wisata favorit di Indonesia. Interiornya juga disesuaikan. Misalnya KA Bali, interiornya nuansa Bali,” kata Totok di stasiun Bandung, Rabu (5/8/2020).

Menurut Totok, fasilitas Kereta Wisata Tematik hampir sama dengan fasilitas yang ada di Kereta Wisata Tipe Priority pola Fit, dilengkapi mini bar, audio video dan wifi. Bedanya bila penumpang KA Priority hanya diberikan snack berat, sementara penumpang Kereta Wisata Tematik selain snack juga mendapat makan siang atau malam dan minuman tidak dibatasi (free full).

Totok menuturkan calon penumpang KA Wisata tetap harus mematuhi persyaratan yang telah diatur oleh Gugus Tugas Covid-19.

Disamping dalam kondisi sehat, tidak sedang menderita flu, baik batuk maupun deman dengan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius, juga harus melakukan Rapid Test sebelum perjalanan.

“PT KAI telah memfasilitasi rapid test di beberapa, stasiun, termasuk stasiun Bandung dengan biaya Rp85 ribu, ” imbuhnya.

Kapasitas kereta lanjut Totok juga dibatasi hanya 50 persen dari seat yang ada, untuk menjaga jarak antar penumpang. Meski demikian, tarif KA wisata ini tidak naik.

Didampingi humas KA Wisata Ilud Siregar, Totok berharap dengan beroperasinya kembali Kereta Wisata baik Kereta Wisata Tipe Priority (Pola FIT/Perorangan) maupun Kereta Wisata Tematik (Pola Charter/Rombongan) pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru, dapat memenuhi kerinduan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan Kereta Wisata.

“Kami lihat masyarakat sudah rindu untuk jalan-jalan dan berwisata. Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik dengan melakukan beberapa penyesuaian pelayanan di atas kereta, sesuai protokol yang dianjurkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Ia mengingatkan calon penumpang KA yang akan melakukan perjalanan, wajib menggunakan masker selama berada di area stasiun maupun di atas kereta dan memakai Face Shield yang akan disediakan oleh petugas saat boarding di stasiun serta mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak saat berada di stasiun dan diatas kereta dan mencuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer.

“Kami himbau penumpang menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket sebagai pelindung diri dan mengurangi kegiatan berbicara saat berada di dalam kereta, untuk menghindari penyebaran virus melalui droplet, ” pungkasnya.

Pemesanan tiket dan cek ketersediaan tempat duduk Kereta Priority Argo Parahyangan dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Sementara, untuk pemesanan Kereta Wisata Tematik (Pola Charter/Rombongan), bisa langsung mengunjungi Konter Kawisata di Stasiun Gambir dan Stasiun Bandung. (Ida)

Bagikan: