Masuk Musim Penghujan, Setengah Wilayah Jawa Barat Mulai Membaik



Bandung, Beritainspiratif.com - Seiring dengan meningkatnya curah hujan di Jawa Barat, sejumlah wilayah yang sempat mengalami kekeringan kini mulai berangsur membaik, bahkan dalam beberapa hari terakhir hampir 50 % wilayah di Jabar mulai diguyur hujan. Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (29/10/2018).

Meski begitu, secara keseluruhan, kondisi kekeringan di Jawa Barat belum sepenuhnya pulih. "Saya sudah banyak laporan hampir setengah wilayah di Jawa Barat sudah mulai diguyur hujan, hanya frekuensinya masih belum membuat situasi menjadi normal," ungkap Ridwan Kamil saat ditemui Beritainspiratif.com.

kondisi tersebut masih belum mencapai titik normal, lantaran, lanjut Emil, sejumlah laporan masyarakat terkait pelayanan PDAM masih ada, termasuk debit air yang belum kunjung naik.

"jadi komplain ke PDAM masih ada, (debit air) waduknya masih belum naik optimal tingginya, masih banyak, tapi bahwa sudah mulai hujan tiap hari, saya monitor hujan selalu ada, walaupun tidak merata," tambahnya.

Selain itu, kemungkinan adanya potensi bencana di musim hujan pihak Pemprov Jabar sudah menyiapkan BPBD. "Itu (penanganan bencana) kan sudah rutin tiap tahun, maka saya fokus sambil rutinitas tahunan, urusan Citarum harus jadi pertaruhan dalam masa lima tahun ke depan," jelasnya

Sebelumnya, diberitakan tentang rencan hujan buatan namun ditunda karena sudah mulai ada hujan. "Karena kemarin hujan, jadi (hujan buatan) ditunda, jadi betul-betul kalau tidak ada daya upaya, misalnya seminggu nggak hujan baru kita intervensi." tandasnya.    (Tito)

Berita Terkait