Masjid Raya Bandung Baru Akan Menggelar Salat Jumat 12 Juni



Bandung, Beritainspiratif.com - Ketua DKM Masjid Raya Bandung, Muchtar Gandaatmaja memastikan, Masjid Raya Bandung (MRB) Provinsi Jawa Barat belum dapat menggelar salat Jumat berjamaah, pada Jumat (5/6/2020)besok.

Menurutnya, Masjid raya Bandung kemungkinan baru menggelar salat jumat berjamaah pada Jumat (12/6/2020) mendatang seiring berakhirnya penerapan pembatasan sosial berkala besar (PSBB) proporsional di Kota Bandung.

"Besok belum ada salat Jumat. Hanya Sabtu mulai kita membuka salat wajib saja. Salat Jumat Insya Allah, kalau gak ada perubahan, Jumat 12 Juni, sejalan dengan masa akhir PSBB," ujar Muchtar Gandaatmaja saat di hubungi melalui sambungan telepon Kamis (4/6/2020).

Muchtar mengatakan, pelaksanaan salat dzuhur berjamaah untuk umum akan mulai dibuka pada Sabtu 6 Juni 2020 dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang sengat ketat serta menempatkan petugas untuk melakukan cek suhu tubuh.

"Nanti hari Sabtu Insya Allah dibuka untuk publik dimulai dengan salat Dzuhur, adzan dan komat dikeraskan ke pengeras suara tapi tidak diumumkan, tapi pintu dibuka dan kamar mandi dibuka," ucapnya.

Menurut Muchtar, dari salat dzuhur berjamaah nanti bakal menjadi gambaran untuk  pelaksanaan salat Jumat berjamaah pekan depan serta kegiatan pengajian umum dan majelis taklim. Dia pun berharap jemaah yang hadir dalam salat berjamaah itu tak lebih dari 400 orang.

"Rutin hari Senin sampai Jumat itu ada paling banyak seribu orang, kalau normal. Kalau Sabtu dan Minggu itu bisa 2 ribu sampai 3 ribu jemaah. Kalau Jumat kan berat itu bisa 13 ribu. Prediksi hari Sabtu menurut saya mudah-mudahan tidak lebih dari 400 lah,"pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait