Masjid Assalam Bandung Gelar Shalat Jum’at, Dengan Ikuti SOP Kesehatan

Bandung, Beritainspiratif.com – Sejak Pandemi virus corona atau covid-19, beberapa Masjid di Kota Bandung tidak lagi menggelar shalat Jum’at mengikuti Fatwa MUI, Namun pemandangan berbeda terlihat di Masjid Assalam Kota Bandung yang menggelar shalat Jum’at.

Disana terlihat satu persatu jamaah mulai mendatangi Masjid Assalam untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat, Sebelum di perbolehkan masuk, para jamaah pun di periksa suhu tubuhnya dan di semprot satu persatu .

“Pada dasarnya sekalipun shalat jum’at di ganti dengan shalat dzuhur, namun ada tingkat keutamaan yang dirasakan ketika melaksanakan shalat jumat. Sehingga kebanyakan mereka memilih untuk tetap melaksanakan shalat jumat,” ucap Ketua Sosial Keagamaan Masjid Assalam, H. Lukman, Jalan Sasak Gantung, Kota Bandung, Jumat (3/4/2020).

Menurutnya, apabila terdapat jamaah yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat, pihaknya akan tetap membolehkan masuk namun dengan catatan yaitu jemaah akan ditempatkan di tempat khusus.

“Pada dasarnya mereka memiliki hak untuk ibadah, namun yang bisa kita lakukan yaitu penempatan mereka secara khusus. Setelah itu kita catat dan kita konsultasikan dengan pihak kesehatan,”jelasnya.

Lukman menerangkan, keputusan menggelar shalat Jumat dengan tetap mengikuti petunjuk dari pemerintah yaitu menerapkan SOP Kesehatan. dan dalam pelaksanaan shalat jumat setiap shaf di beri jarak 1 meter.

“Kita membuat jarak shafnya dikasih jarak 1 meter di antara satu dengan yang lainnya tidak berdekatan, tidak berhimpit,”katanya.

Selain itu, dalam pelaksanaan shalat jumat para jemaah diwajibkan untuk langsung membubarkan diri. Bahkan, khutbah pun hanya berlangsung 5 menit.

“Bukan tidak ada kekhawatiran, kami juga pada dasarnya khawatir namun kami tetap melakukan upaya-upaya jangan sampai terjadi yang tidak kita harapkan,”pungkasnya.

(Mugni)

Bagikan: