Masjid Agung Jawa Tengah Memiliki Ciri Khas Menara Asmaul Husna



Semarang, Beritainspiratif.com - Masjid Agung Provinsi Jawa Tengah ini menjadi kebanggaan masyarakat Semarang dan merupakan salah satu masjid termegah yang ada di Indonesia. Masjid yang terletak di jalan Gajah Raya Kota Semarang ini, mulai dibangun pada hari Jumat tanggal 6 September 2002, dengan ditandai pemasangan tiang pancang pertama yang dilakukan oleh Menteri Agama RI (saat itu) Prof. Dr. H. Said Agil Husen al-Munawar. Dan kamipun pada kesempatan di sela acara Reuni Akbar STIMART AMNI Semarang melakukan sholat Maghrib di Mesjid ini pada Jum’at, (28/12/2018).

Dilansir dari Javaloka, Masjid Agung ini sangat megah dan indah, dengan luas lahan hingga 10 Hektar dan luas bangunan induk untuk keperluan shalat 7.669 meter persegi, keindahan masjid ini terlihat dari arsitekturnya yang merupakan perpaduan antara Islam (Arab), Jawa dan arsitektur Barat dengan konsep dua lantai.

Masjid yang bisa menampung jamaah hingga 10.000 orang lebih ini, selain berfungsi untuk tempat ibadah, juga merupakan objek wisata terpadu pendidikan, agama (religi), pusat pendidikan sekaligus pusat aktifias syiar Islam.

Masjid Agung ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006 lalu ini, dan memiliki bangunan pendukung lain di sekitarnya berupa auditorium di sisi kanan masjid yang bisa menampung hingga 2.000 orang, yang biasanya digunakan untuk berbagai acara seperti pameran, pernikahan serta kegiatan-kegiatan lainnya. Sedangkan di sayap kiri terdapat ruang perpustakaan dan perkantoran yang bisa disewa oleh masyarakat umum.

Dari pantauan Beritainspiratif.com, Jum’at, (28/12/2018), Masjid ini memiliki ciri khas yakni Menara Asmaul Husna (Al Husna Tower). Menara ini bisa dilihat dari radius 5 km dan memiliki ketinggian 99 meter ini (yang merupakan manifestasi Asmaul Husna).

Dari atas menara tersebut pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan kota semarang dan Gunung Ungaran, serta pemandangan laut utara pulau Jawa.

Waktu terbaik untuk berkunjung Masjid Agung Jawa Tengah adalah sore hari menjelang matahari terbenam, karena senja begitu unik di lihat dari menara Masjid Agung ini. Masjid ini hanya berjarak sekitar 5 km dari simpang lima, pusat kota Semarang, serta sekitar 9 km dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

(Yanis)

Berita Terkait