Maraknya Pesepeda di Masa PSBB, Pemkot Bandung Bakal Siapkan Jalur Khusus

Bandung, Beritainspiratif.com – Setelah Pemerintah Kota Bandung memberikan relaksasi melalui penerapan PSBB Proporsional, kini aktifivitas bersepeda mulai marak kembali dilakukan oleh masyarakat, karena dianggap lebih aman dilakukan di tengah pendemi Covid-19.

Mengenai hal tersebut, Pemerintah Kota Bandung hadir untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pesepeda. Salah satunya yaitu dengan memberikan ruang dan memperbaiki jalur sepeda.

Baca Juga:Inilah-tips-bersepeda-aman-dan-nyaman-di-masa-akb

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, untuk tahap awal Pemkot Bandung akan membuat jalur sepeda sementara dengan rute awal yaitu dari Rumah Dinas Wakil Wali Kota menuju Balaikota Bandung.

“Saya minta Dishub, Dinas PU untuk mengajak komunitas, dan insya Allah besok (Jumat) kita akan mulai membuat jalur sepeda dari mulai rumah dinas ke Balaikota pulang pergi,” ujar Yana di Balaikota Bandung, Jalan Wastukencana Kamis (11/6/2020).

Menurutnya, di hari Minggu Pemerintah Kota juga akan memberikan sosialisasi tentang cara bersepeda yang aman dan sehat di tengah pendemi.

“Hari minggu di Dago juga akan kita sosialisasikan cara aman bersepeda dan bersepeda yang sehat di masa pendemi,”ucapnya.

Baca Juga: Wakil Walikota Bandung aktifkan jalur sepeda

Lebih lanjut Yana mengatakan, saat ini Dinas Perhubungan belum memiliki anggaran untuk membuat jalur sepeda permanen. Sehingga, dengan mengawali jalur sepeda di rute tersebut, diharapkan kedepannya Dinas terkait bisa memperluas untuk membuat jalur sepeda.

“Mudah-mudahan besok kita coba buat jalur baru kita tulis di jalur ‘kanggo sepeda hungkul (Khusus Sepeda) dan gambar sepeda. Jadi jalur ini khusus sepeda jangan diambil oleh motor atau transportasi lain, dan diharapkan sepeda tidak mengambil jalur lain karena kita sudah sediakan,”ungkapnya.

Untuk kedepanya, pihaknya akan meminta Dinas terkait untuk mengajak komunitas pesepeda untuk memberikan masukan rute mana saja yang dibutuhkan oleh mereka. Sehingga jalur sepeda yang nantinya dibangun, sesuai dengan kebutuhan para pesepeda.

“Pemkot hadir menyikapi euforia sepeda, mudah-mudahan kedepan Dishub dan Komunitas bisa membuat jalur sesuai kebutuhan mereka,” pungkasnya.

(Mugni)

Bagikan: