Mantap…. Lebih Sehat Dan Bugar Dengan Berpuasa

Bandung, Beritainspiratif.com – Bulan Ramadhan telah dilewati 5 hari, apa yang terjadi dengan tubuh kita bila berpuasa?

Mengutip laman Femina, ada beberapa hal yang terjadi ketika tubuh berpuasa.

•Seminggu Pertama, Masa Terberat

Lemas, lapar, pusing, dan tekanan darah yang turun saat puasa adalah hal yang wajar karena tubuh dan organ-organ tubuh bekerja di luar kebiasaan. Tapi tenang saja, ini yang disebut masa penyesuaian. Biasanya berlangsung selama satu minggu, atau bahkan bisa kurang dari itu.

•Lambung, Gas, dan Rem Mulut

Ada yang bilang saat berpuasa sebaiknya kita menjaga ucapan dan tidak usah banyak bicara. Secara biologis ini ada benarnya. Setelah sahur, makanan diproses dan bertahan di lambung selama beberapa jam saja. Setelah itu lambung kosong dan terisi gas. Semakin banyak kita bicara, semakin banyak gas yang masuk ke lambung dan bisa menimbulkan rasa tak nyaman.

•Otak Pun Berbeda

Jika biasanya Anda tak kuat menahan lapar, saat berpuasa Anda bisa menahannya sampai waktu berbuka. Selain faktor psikologis, ini juga bisa dijelaskan secara ilmiah.

Biasanya saat gula darah turun otak akan mengirim sinyal. Kita akan mengartikannya dengan lapar. Organ-organ tubuh akan menanggapinya dengan memproduksi liur dan enzim yang akan ngambek jika tidak diberi makanan. Nah, saat berpuasa, otak tidak akan langsung mengaktifkan sinyal itu, melainkan memerintahkan tubuh untuk menggunakan energi cadangan.

•Semakin malas bergerak makin Lemas

Berpuasa bukan alasan untuk malas bergerak. Faktanya, makin malas tubuh malah makin lemas. Tapi jangan juga jorjoran bergerak setelah berbuka.

Jika biasanya Anda rutin berolahraga, kurangi intensitas olahraga hingga setengahnya. Pilih olahraga berintensitas ringan yang tidak terlalu menguras keringat, apalagi jika dilakukan pada pagi hari.

•Detoksifikasi

Puasa disebut-sebut sebagai salah satu cara detoksifikasi alami. Ini bisa terjadi jika Anda disiplin menjaga makanan yang sehat dan tidak berlebihan saat sahur dan berbuka.

Puasa juga bisa jadi latihan untuk mengendalikan keinginan makan. Jika ini bisa dipertahankan sepanjang tahun, tubuh Anda akan berterima kasih dengan jadi lebih sehat dan bugar.

(Kaka)
Ilustrasi: Mausehat.com

Bagikan: