Mandi Pagi Sebelum Subuh, Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Bandung, Beritainspiratif.com – Mandi di pagi hari sebelum subuh merupakan sumber kebahagiaan, karena disamping cahaya matahari dan udaranya masih sejuk dan menyenangkan juga akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat sepanjang hari.

Mandi di pagi hari sebelum waktu subuh akan membuat badan lebih sehat, seperti kebiasaan yang telah dilakukan oleh orang tua sejak dulu.

Menurut penelitian pada pagi hari, air yang digunakan untuk mandi maka memiliki kandungan O3 yang semakin besar. O3 ini mengandung khasiat yang bagus bagi tubuh kita.

berikut 5 manfaat madi pagi sebelum subuh bagi kesehatan tubuh

Berikut adalah beberapa manfaat mandi di pagi hari:

1.Tingkatkan kesuburan

Mandi bagi sebelum subuh ini ternyata bisa meningkatkan kesuburan.

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa mandi sebelum subuh dapat meningkatkan hormon esterogen pada wanita dan hormon testosteron pada pria.

2.Tingkatkan gerakan limfatik

Mandi sebelum subuh mampu meningkatkan gerakan limfatik. Kinerja limfatik merupakan gerakan sel darah putih dalam melawan berbagai infeksi serta virus di dalam tubuh.

3.Atasi Depresi

Mandi sebelum subuh dapat mengatasi depresi.
Hal itu terjadi karena mandi di waktu tersebut, tubuh mendapat pasokan oksigen dalam jumlah yang mencukupi. Oksigen yang memenuhi berbagai organ tubuh inilah yang mampu mengurangi tingkat stres.

4.Mengurangi hipertensi

Mandi di pagi hari bisa mengurangi risiko darah tinggi.

Selain darah tinggi mandi sebelum subuh dapat mengatasi varises dan mengerasnya pembuluh darah.
Ini terjadi karena mandi pagi melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

5.Mengurangi kadar gula darah

Dengan mandi sebelum subuh, kadar gula darah bisa berkurang. Hal itu kareana adanya proses detokfikasi.

6.Meningkatkan produktivitas

Mandi di pagi hari dengan air dingin ternyata dapat meningkatkan suasana hati Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Menurut survei yang dilakukan oleh Herbal Essences, dari seribu wanita yang disurvei, lebih dari 90 persen mengatakan bahwa mandi di pagi hari dapat membuat mereka lebih positif dalam menjalani hari-hari.

7.Memperbaiki suasana hati

Menurut para peneliti di Department of Radiation Oncology at Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi dengan air dingin di pagi hari dapat menstimulasi titik biru otak ā€“ sumber utama noradrenalin ā€“ yang dapat membantu dalam mengurangi depresi secara kimiawi. Membiarkan air dingin masuk ke dalam kulit dan pori-pori tubuh Anda, tidak hanya membersihkan tubuh, tetapi juga pikiran Anda.

8.Merasa lebih enerjik

Ternyata, menyiramkan air dingin saat mandi di atas kepala dapat mengirimkan sentakan langsung ke sistem saraf pusat; sehingga hal tersebut dapat membuat tubuh terasa lebih energik setelah mandi.

9.Meningkatkan sirkulasi darah

Hangatnya air yang mengalir selama mandi di pagi hari tidak hanya baik untuk sirkulasi darah, namun juga dapat mengendurkan ketegangan otot dan sendi kita. Meskipun mandi di pagi hari tidak dapat membuat masalah kaku sendi hilang untuk selamanya, namun mandi di pagi hari dapat merangsang penyembuhan, meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

10.Meningkatkan kekebalan tubuh

Mandi di pagi hari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel darah putih ā€“ yang berfungsi melindungi tubuh dari virus maupun bakteri.

11.Meringankan batuk

Tidak semua orang terbiasa untuk mandi di pagi hari; untuk, itu air panas dapat menjadi pilihan untuk digunakan saat mandi di pagi hari terutama untuk meringankan batuk yang diderita. Uap air panas tersebut akan membantu Anda menyingkirkan dahak dan lendir dalam hitungan menit. Mandi air panas juga dikenal dapat meringkankan nyeri tubuh yang terkait dengan dingin.

12.Memperbaiki kondisi rambut

Jika Anda sering mengalami rambut rontok atau rambut kusam, Anda dapat mencoba untuk mandi air hangat atau air dingin di pagi hari. Hal tersebut ternyata dapat menguatkan akar rambut dan melindungi Anda dari kutikula rambut. Namun, mandi dengan air terlalu panas justru akan merusak rambut dan membuatnya tetap tampak kusam.

13.Cara instan pemanasan tubuh

Mandi air hangat sebelum berolahraga lari atau pergi ke gym merupakan salah satu cara instan untuk melakukan pemanasan tubuh. Hal tersebut ternyata dapat mengendurkan otot tubuh yang kaku setelah tidur sepanjang malam.

(Yanis)
Berbagai sumber

Bagikan: