Makanan Khas Cirebon di Kedai A.Rais Jl. Otten Ini, Bertahan 20 Tahun untuk Pelanggan Setia

Bandung, Beritainspiratif.com – Bagi warga Cirebon seperti saya, yang tinggal di Bandung, Saat ini tempat makan kuliner khas Cirebon yang ada di Bandung keberadaannya sudah mulai menjamur, sehingga tidak sulit untuk mencarinya, jika kita kangen makanan khas Cirebon.

Selain itu bagi anda yang sedang berlibur ke Bandung atau warga Bandung yang ingin menikmati makanan khas Cirebon tidak perlu berangkat jauh jauh ke Cirebon, karena di Bandung pun ada beberapa pilihan yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi.

Selain rasanya yang sama dengan khas Cirebon juga harganya bersaing dengan penjual makanan khas Cirebon lainnya yang ada di Bandung. Sebut saja salah satunya Kedai A.Rais yang berlokasi di Jalan Dr. Otten nomor 11 Bandung, selain tempatnya sederhana khas Cirebon, juga boleh dikatakan pedagang makanan khas Cirebon ini merupakan yang pertama yang ada di Bandung, selain di Jalan Riau.

Kedai ini merupakan langganan kami sejak sepuluh tahun silam, dari sejumlah pedagang makanan khas Cirebon yang ada di Bandung, disamping memang seleranya yang pas, juga rasa yang mendekati rasa yang ada di Cirebon sebut saja Mang Doel di Gunung Sari atau Jamblang Pelabuhan.

Pada satu kesempatan saya datang langsung ke lokasi untuk menikmati empal gentong, Rabu, (31/10/2018) Beritainspiratif.com melakukan wawancara langsung dengan pemiliknya yakni Ibu Yuli yang asli Bandung namun fasih berbahasa Cirebon.

“Iya karena sehari-hari saya menyiapkan makan khas Cirebon ini dengan pegawai yang seluruhnya adalah orang Cirebon asli, jadi saya terbiasa”, tutur Yuli.

Tentang awal berdirinya warung khas Cirebon ini, Yuli mengisahkan bahwa sebelum dipegangnya, rumah ini mulanya dikontrak oleh H.Edi Baredi orang Cirebon pengelola  Taman Gua Sunyaragi, yang juga ponakan dari pengusaha batik H.Komar

“Sebelum saya, rumah ini dulunya dikontrak oleh H. Edy Baredi,  ponakannya H. Komar yang pengusaha batik itu”, jelasnya.

Yuli menjelaskan lebih lanjut “Rumah ini adalah milik suaminya. “Dan suami saya aslinya dari Lampung”, tambahnya.

Pada waktu itu rumah ini dikontrak oleh H. Edi Baredi (asli Cirebon) dan digunakan untuk tempat berjualan makanan khas Cirebon, dari tahun tahun 1997 hingga 2003, atau selama enam tahun.

“Setelah kontrakannya habis tahun 2003, kami tinggal meneruskannya saja apa yang dilakukan oleh H. Edi Baredi yaitu berjualan makanan khas Cirebon, sampai sekarang”, lanjutnya.

“Termasuk para pegawainya adalah mantan pegawai H.Edi Baredi, tetapi jumlahnya yang tadinya 7 orang sekarang hanya 4 orang saja, yang seluruhnya tinggal bersama kami”, tambahnya.

Mengenai makanan khas Cirebon yang ada disini Yuli, menuturkan, bahwa di warungnya itu menyediakan empal gentong, nasi jamblang, sate kambing/ayam, tahu gejrot, nasi lengko, mie koclok.

Yuli mengatakan bahwa untuk docang warungnya tidak menjualnya karena sepi peminat, sedangkan masakan khas Cirebon ini semua bahan diperoleh dari pasar di Bandung, untuk juru masaknya adalah orang Cirebon asli yang merupakan pegawai di warungnya.

“Untuk daun jati memang sengaja kami datangkan dari Cirebon, karena di Bandung tidak ada”, ujarnya.

Mengenai pengunjung yang datang lebih condong untuk memilih empal gentong. “Disamping itu  juga sangat bervariasi, karena selera pembeli, terkadang berganti-ganti, kadang ingin lengko, kadang jamblang,” imbuhnya.

Sedangkan untuk omzet perhari, saat ini agak berkurang mengingat kuliner makanan khas Cirebon sudah banyak bertebaran di Bandung. “Dibelakang ada 2, di Pasteur, Sadakeling, Antapani, Cisaranteun, dan lainnya,” ujar Yuli.

“Kami bertahan karena kami punya langganan tetap dan setia, akan tetapi terkadang mereka para langganan datang tidak terduga, bisa sekaligus,”tuturnya.

“Untuk harga dan rasa kami sangat bersaing, pelanggan kami selalu mengatakan rasanya seperti makan langsung di Cirebon”, ujarnya.

Ditanyakan mengenai rencana kedepan, Yuli menuturkan pihaknya akan memperbanyak langganan melalui medsos yang akan diaktifkan kembali, disamping itu jika ada modal tambahan Yuli merencanakan akan mempercantik ruangan ini, selain menjadi daya tarik pembeli, juga pengunjung dapat melakukan foto selfi disini.

Diakhir perbincangan Yuli menyampaikan, bahwa kedai makanan khas Cirebon kami ini juga menerima pesanan untuk acara-acara keluarga dan kantor, disamping pesanan catering dapat menghubungi Ibu Yuli di WA 0821-2721-1140 pungkasnya.    (Yanis)

Bagikan: