Majalengka Catatkan Rekor MURI dan Miliki Ikon Baru ‘Kota Kolang Kaling’

Majalengka, Beritainspiratif.com – Majalengka sepertinya memiliki julukan baru sebagai kota kolang kaling, setelah 350 olahan pangan dengan bahan dasar kolang kaling dicatatkan sebagai Rekor MURI.

Bupati Majalengka H. Karna Sobahi mengatakan dengan banyaknya olahan pangan dari satu bahan baku buah kolang-kaling, seharusnya Majalengka punya ikon baru, tidak lagi kota angin.

“350 olahan kolang-kaling itu cukup banyak lho. Ada yang jadi kue, kripik, bahkan Baso. Serta ratusan olahan lainnya. Ini menarik dan belum pernah ada di dunia, makanya Muri mencatatnya,” ungkapnya, pada festival Olahan Pangan dalam rangka hari pangan di alun-alun GGM Majalengka, Minggu siang (08/12/2019).

Ia menambahkan, pihaknya merasa sangat bangga atas kreatifitas yang ditampilkan oleh masyarakat. Sekaligus berpesan supaya pohon pohon penghasil buah kolang-kaling tersebut tetap dijaga dan dilestarikan.

“Di kita, terutama wilayah bagian selatan Majalengka banyak menghasilkan kolang-kaling. Adanya festival ini menunjukkan bahwa kolang kaling tak hanya diolah pada saat bulan Ramadhan saja,”ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan dari MURI, Triyono mengatakan tercatat ada 350 olahan pangan yang semuanya berbahan dasar buah kolang-kaling.

Banyak varian olahan baik manis maupun asin menjadi pertimbangan Muri untuk mencatatnya.
“350 olahan pangan kami catat,semuanya memang berbahan dasar buah kolang kaling.” tuturnya.

Beberapa varian olahan kolang kaling yang dapat dijadikan olahan pangan antara lain sambel tempe teri kolang kaling, sambel lombok ijo kolang kaling, tumis jamur kuah kolang kaling, tumis tempe kolang kaling, bolu kukus kolang kaling, pizza kolang kaling, pepes kolang kaling sayur lodeh kolang kaling, Yoghurt dan lainnya.


Yanis

Bagikan: