Mahasiswa Unpad Raih Juara di Pegelaran Nasional Bidang TI dan Komunikasi (Gemastik)



Bandung, Beritainspiratif.com – Tiga mahasiswa Teknik Informatika FMIPA Unpad, Bandung, raih juara dua pada Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 11 kategori Pengalaman Pengguna (UX), yang diselenggarakan di kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), di Surabaya, 1-3 November 2018.

Tim “Rock Bottom” Universitas Padjadjaran, terdiri dari Patricia Joanne, Muhammad Raihan Akbar, dan Muhammad Rifqy Aulia Akbar, serta dosen pembimbing Mira Suryani, S.Pd., M.Kom.

Mereka yang tergabung dalam tim “Rock Bottom” ini membuat aplikasi digital untuk smartphone, yang diberi nama Monitoring Committee App atau “Monica”.

“Monica ini aplikasi mobile seperti media sosial yang dikhususkan dengan fitur-fitur kepanitiaan,” ungkap Rifqy yang dilansir dari laman resmi Unpad, Jumat (10/11/2018).

Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan perencanaan dan pengelolaan suatu acara. Dengan aplikasi ini, para pengguna yang terlibat dalam suatu kepanitiaan acara akan lebih dimudahkan dalam berkomunikasi, baik dalam satu divisi maupun lintas divisi.

"Komunikasi bukan hanya melalui teks, tetapi juga melalui pesan suara dan video," tuturnya.

Menurut Patricia dan tim aplikasi ini juga akan memudahkan bagi mereka yang aktif dalam beberapa kepanitiaan atau acara sekaligus. "Para pengguna nantinya akan lebih fokus dan terarah dalam menjalankan tugasnya masing-masing,"jelasnya.

Selain fitur berbagi pesan, beberapa fitur lain yang terdapat pada aplikasi tersebut diantaranya media penyimpanan data gambar dan suara, notifikasi pengingat kegiatan yang harus diakukan, menu pengajuan barang, dan sebagainya.

Diakui ketiganya, aplikasi ini masih berupa purwarupa dan masih perlu dikembangkan. Survei ke sejumah responden pun telah dilakukan demi pengembangan aplikasi yang lebih baik lagi.

“Ke depannya akan ada fitur-fitur yang kami kembangkan lagi,” ungkap Patricia.

Selain Patricia dan tim, Unpad juga menjadi juara kedua pada kategori Pengembangan Perangkat Lunak pada Gemastik 11. Secara keseluruhan, Unpad berada pada peringkat kesembilan dengan perolehan 2 perak dari 3 tim yang berlaga di final.  (Yanis)

Berita Terkait